Malam Tahun Baru Jalan Protokol di Sampit Macet Total

    SAMPIT – Kondisi jalan protokol di Kota Sampit saat menjelang pergantian tahun/ Kamis malam (31/12) macet total. Pasalnya, aktivitas masyarakat yang berbondong-bondong merayakan pergantian tahun di sejumlah titik keramaian sangat padat.

    Dari Pantauan Beritasampit.com kemacetan terparah terjadi di Jalan Ahmad Yani, sekitar Taman Kota, kawasan Pelabuhan Sampit sekitar Ikon Jelawat, serta jalan Jendral Sudirman Km. 2 sekitar pusat perbelanjaan Borneo City Mall.

    Meski Satlantas Polres Kotim telah memberlakukan jalur satu arah (one way) di jalan utama tersebut, namun tetap saja banyak pengendara yang tak mentaati aturan. Puncak kemacetan sendiri terjadi pada pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB.

     

     

    Seperti halnya di Jalan Ahmad Yani, kemacetan diperparah dengan banyaknya mobil yang terparkir di bahu jalan, seperti di depan rumah makan dan rumah jabatan Bupati Kotim. Akibatnya banyak pengendara yang mengeluh. “Harusnya pengelola tidak menbiarkan pengunjungnya parkir sembarangan di bahu jalan,” keluh Madi, 43, salah satu pengendara sepeda motor.

    Dirinya mempertanyakan tidak adanya petugas yang menegur untuk menertibkan parkir. Akibatnya, banyak kendaraan roda dua dan roda empat berebut menggunakan jalan yang hanya tersisa satu lajur dikarenakan satu lajur lainnya digunakan untuk parkir liar. Namun kemacetan mendadak sirna dan arus lalulintas cenderung lancar saat lepas jam 10 malam. Hal ini dimungkinkan para pengguna jalan telah menemukan tempat untuk mereka menghabiskan malam tahun baru dibeberapa tempat yang menggelar pesta. Meski kemacetan terjadi di beberapa jalan utama, namun hal tersebut masih bisa diatasi dan pengamanan masih tetap terjaga.

    Masyarakat terlihat memenuhi  kawasan pelabuhan sekitar Ikon Jelawat dan di halaman parkir Borneo City Mall, jalan Sudirman, yang menjadi tempat baru bagi masyarakat untuk menyambut pergantian tahun. Aktivitas masyarakat yang tampak antusias manyambut pergantian tahun juga terlihat di halaman alun-alun sekirat Taman Kota Sampit yang selama ini menjadi pusat aktivitas masyarakat menyambut pergantian tahun setiap tahunnya.

    Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, aparat kepolisian terpaksa menutup sejumlah jalan, untuk menekan arus pengendara kendaraan bermotor. Sejumlah personil polisi dari Satlantas Polres Kotim juga terlihat mengamankan sejumlah persimpangan jalan untuk mencegah kemacetan dan terjadinya kecelakaan.

     

    Sebelumnya, Kapolres Kotim melaui Kasatlantas Polres Kotim, AKP Boni Ariefianto, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah personil untuk mengamankan beberapa titik keramaian pada saat malam pergantian tahun ini.” Seluruh anggota Polisi Lalulintas akan dikerahkan didukung anggota Polres Kotim lainnya. Sementara pengaturan disetiap persimpangan akan dilakukan secara manual oleh anggota kepolisian yang bertugas,” ujarnya. “rekayasa lalulintas saat malam tahun baru akan dimulai pada pukul 18.30 WIB.

    Ada beberapa ruas jalan yang persimpangannya ditutup dan arus lalulintasnya dialihkan kejalur lain,” tandasnya. (jun/020116).

     

     

     

    (Visited 1 times, 1 visits today)