Dislutkan Kotim Bertekad Genjot Produksi Perikanan

    SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotim melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kotim bertekad untuk terus menggenjot produksi perikanan di Kotim. Guna merealisasikan program tersebut, Kabupaten Kotim menerima bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa satu unit mobil pintar nelayan, dua unit motor bengkel, satu kontainer bengkel dan satu buah kapal penangkap ikan kepada sejumlah kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Kotim.

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotim Ir Jakatan mengungkapkan, dengan penyerahan bantuan tersebut diharapkan aktivitas nelayan di Kotim semakin meningkat yang pada akhirnya meningkatkan produksi hasil tangkapan ikan. “Apalagi saat ini program pemerintah pusat yang menindak tegas nelayan asing, membuat hasil tangkapan nelayan lokal meningkat,” terang Jakatan, usai peringatan HUT ke-63 Kotim di Stadion 29 November Sampit, Kamis (7/1) pagi.

    Disampaikan Jakatan, untuk mengoperasuikan bantuan yang diberikan tersebut nantinya akan dilatih operatornya. Pihaknya berharap, agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kelompok-kelompok nelayan di Kotim.

    Ditambahkan Jakatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI pada tahun 2016 ini akan menyiapkan sekitar 3.000 lebih unit kapal untuk nelayan di seluruh Indonesia. Dia berharap, agar Kabupaten Kotim setidaknya mendapatkan 10 buah kapal.

    Untuk hasil produksi perikanan Kotim tahun 2014 lalu mencapai  15.400,3 ton, meningkat dari tahun sebelumnya. “Tahun 2015 belum dihitung, namun rata-rata ada peningkatan sekitar  2-7 persen,” tambah Sekretaris Dislutkan Kotim, Alfisah. (Saf/Beritasampit/070116)

     

    (Visited 3 times, 1 visits today)