Harga Telur Masih Tinggi, Pedagang Makanan Menjerit

    SAMPIT – Sudah beberapa minggu terakhir ini harga telur ayam ras naik cukup tajam. Kenaikan harga tersebut sangat dikeluhkan oleh para pedagang makanan di Kota Sampit. Di tingkat pedagang, harga telur ayam ras dijual bervariasi. Biasanya disesuaikan dengan ukuran telur apabila membeli satu set isi 30 butir.

    “Kalau telur ayam ras yang ukuran kecil, biasanya dijual dengan harga Rp49 ribu per set. Untuk telur ayam ras yang ukurannya lebih besar dijual dengan harga Rp52 ribu per setnya. Memang beberapa minggu ini harga telur ayam ras masih tinggi,” terang Iman, seorang pedagang sembako di kawasan Pasar Sejumput Kecamatan Mentawa Baru ketapang Sampit, Jumat (22/1).

    Disampaikannya, tingginya harga telur ayam ras tersebut karena dari pemasok atau distributornya juga sudah naik. “Kita ini hanya ngambil dari distributornya, katanya memang dari Jawa sudah naik, karena harga pakan dan lain-lainnya naik,” terang pedagang tersebut.

    Disampaikannya, tingginya harga telur ayam ras tersebut memang banyak dikeluhkan pembeli, baik ibu rumah tangga maupun para pedagang makanan. “Kalau ibu rumah tangga biasanya beli telur yang ukuran besar, sedangkan pedagang makanan banyak nyari yang ukuran kecil karena harganya lebih murah,” tambahnya.

    Sementara itu beberapa pedagang makanan di Jalan Ir H Juanda Sampit memang mengeluhkan tingginya harga telur ayam ras belakangan ini. Pasalnya, telur ayam ras banyak digunakan untuk beraneka jenis makanan. “Sebelumnya masih di kisaran Rp42 ribu per set, sekarang naik lagi. Keuntungan kami berdagang semakin berkurang,” ucap Nana, seorang pedagang makanan di Sampit. (Saf/Beritasampit/220116).

    (Visited 1 times, 1 visits today)