Imunisasi Polio Seruyan Capai 95,89 Persen

    KUALA PEMBUANG-Realisasi pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang digelar 8-15 Maret di wilayah Kabupaten Seruyan, sudah mencapai 95,89 persen dari sasaran sebanyak 18.991 bayi  yang tersebar di sepuluh kecamatan di Seruyan, dan capaian itu sudah melampaui target yang diberikan secara nasional. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan, Mahdiniansyah.

    Menurutnya, pelaksanaan PIN Polio telah berakhir, namun selama beberapa hari ke depan petugas Dinkes Seruyan akan tetap melayani pemberian imunisasi polio di Puskesmas. “Selain itu, petugas juga akan menyisir rumah-rumah penduduk untuk mencari balita yang belum divaksinasi dan hasilnya nanti akan diakumulasikan dengan data pada pelaksanaan PIN sebelumnya,”katanya.

    Ia menjelaskan, dari 10 kecamatan yang ada di seruyan, partisipasi PIN terbanyak terdapat di Desa Rantau Pulut II Kecamatan Seruyan Tengah dengan persentase mencapai 114,06 persen. Sedangkan partisipasi terendah masih di kecamatan yang sama, yakni di Desa Rantau Pulut I dengan persentase hanya 84 persen.

    “Di Desa Rantau Pulut II itu banyak perusahaan perkebunan, sehingga banyak anak dan balita dari karyawan perusahaan yang ikut program ini. “Sedangkan di Rantau Pulut I itu karena sebagian warga melakukan imuninasi di wilayah Kotawaringin Barat karena lokasinya yang berdekatan,” jelasnya. (wal/beritasampit.com)