KEREN ….. Desa Sigi Harumkan Nama Pulpis

    PULANG PISAU-Penilaian lomba ke­satuan gerak PKK-KKBPK-Kese­hat­an tingkat na­sio­nal di Desa Sigi, Keca­mat­an Kahayan Kuala, Ka­bupaten Pulang Pisau di­mulai pada hari Rabu (6/4) lalu. Dalam lomba tersebut, Pulang Pisau mendatangkan lima tim penilai dari pu­sat yang tergolong dari BKKBN ada empat orang dan sa­tu orang dari PKK.

    Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo, saat me­ninjau penilaian menga­takan, dengan dipercaya­kannya­ Desa Sigi untuk mengikuti lomba tingkat nasional adalah me­rupakan kebanggan ba­gi Pulang Pisau dan Kal­teng. “Kami telah diberikan ke­percayaan dan ini menjadi­ penyemangat bagi kami ser­ta memotivasi kami un­tuk membangunan desa,” ujar Edy.

    Menurutnya, lomba yang di­laksanakan ini juga seiri­ng dengan program Pem­kab Pulang Pisau dan Pem­prov Kalteng dalam pro­gram lewu barigas. “Harapannya, persoalan­ kesehatan tidak lagi mengganjal daerah, karena kese­hatan menjadi fundamen­tal dalam program daerah untuk menciptakan gene­ra­si cerdas dan kuat,” ucapnya.

    Dia menjelaskan, terpilih­nya Desa Sigi karena loka­si­nya dekat dengan Kota Pa­langka Raya ibukota pro­vinsi Kalimantan Tengah. Kriteria lainnya masalah ke­sehatan merupakan juga menjadi program uta­ma­ yang digelorakan Desa Sigi. Lalu masyarakatnya pu­nya usaha cukup bagus, mi­salnya tambak ikan, ke­rajinan, dan budidaya sa­yuran, dan lainnya. “Banyak yang bisa diikut­sertakan dan masyarakat cukup antusias,” jelasnya.

    Tim penilai dari BKKBN Bambang Dwiatmoko menambahkan, faktor kese­hat­an sangat penting dan keratifias masyarakat dan du­kungan pemerintah dan swadaya pemerintah yang antusuais menjadi poin mentukan dalam pe­nilaian ini. (pra/beritasampit.com)