ASDY NARANG Ajak Masyarakat Ciptakan Sapta Pesona Wisata

    PANGKALAN BUN-Pesisir Pantai Kubu Desa Kubu Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, Jumat (22/4) pagi mendadak ramai, karena dikunjungi Asdy Narang salah seorang anggota DPR – RI Komisi IX utusan Kalimantan Tengah dari Fraksi PDI – Perjuangan.

    Kunjungan Asdy ke Pantai Kubu dalam rangkaian kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Dalam kegiatan itu, dihadiri Bupati Kobar Bambang Purwanto, Ketua DPRD Kobar Tri Yanto, Wakil Ketua DPRD Kobar Ahmadi Ryansyah, para pelajar dan hadir juga masyarakat pesisir Kumai.

    Asdy Narang mengajak masyarakat dan undangan yang hadir melakukan aksi gotong royong membersihkan lingkungan pantai Kubu, dengan peralatan kebersihan, Asdy dan Bupati Kobar pun berbaur dengan masyarakat membersih kan sampah yang ada di sekitar pantai kubu.

    Menurut Asdy,kegiatan tersebut dilakukan agar masyarakat pesisir mencintai dan menjaga kebersihan pantai sehingga menjadi daya tarik tersendiri dari para wisatawan yang datang.

    “Kobar letaknya sangat strategis sehingga untuk masuk dapat dilakukan dengan mudah baik darat,laut maupun udara, kelebihan itu dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kobar, dimana selain ada TNTP yang telah dikenal dunia Internasional, ternyata di Kobar juga banyak memiliki objek objek wisata lainnya”, ungkap Asdy kepada wartawan.

    Ditegaskan Asdy, diperlukan dukungan masyarakat dimana masyarakat harus mampu menciptakan sapta pesona disekitar objek wisata diantaranya aman,tertib,bersih,sejuk,indah,ramah dan kenangan.

    Sapta pesona itu harus terwujud sehingga wisatawan yang datang akan terkesan sehingga mereka akan terus berkunjung.

    “Jika setiap masyarakat mampu menciptakan sadar wisata, maka masyarakat dapat menumbuhkan perekonomian dari sektor wisata, pantai di Kobar ini sangat luar biasa, indah,bersih dan akses jalan pun sudah memadai tinggal masyarakatnya harus memiliki sadar wisata berperan aktif,” jelas Asdy.

    Ada beberapa hal yang mampu meningkatkan sektor pariwisata diantaranya menurut Asdy Infrastruktur, Sumber Daya Manusia dan promosi, agar ketiganya terwujud diperlukan kolaborasi antara masyarakat maupun pemerintah baik Kabupaten/Propinsi dan Pusat saling bersinergi.

    Sementara itu Bupati Kobar Bambang Purwanto menyampaikan penghargaan atas kepedulian Asdy Narang terhadap sektor pariwisata di Kobar, diharapkan akan ada bantuan dari pusat guna meningkatkan fasilitas pariwisata.

    “Masih banyak objek wisata di Kobar yang harus digali dan hal itu sangat memerlukan anggaran. Maka dengan kedatangan Pak Asdy Narang sangat membantu kami dalam mengembangkan sektor pariwisata, karena sektor tersebut diyakini akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat”, beber Bupati.(man/beritasampit.com)