Genjot Budaya Baca, Pemkab Luncurkan Program Sekolah Literasi

    Peluncuran program Sekolah Literasi oleh Wakil Bupati Kotim Drs HM Taufik Mukri, Senin (2/5).

    SAMPIT-Masih minimnya budaya membaca di kalangan pelajar, termasuk di Kabupaten Kotawaringin Timur, membuat Pemerintah Kabupaten Kotim melalui Dinas Pendidikan meluncurkan sebuah program baru yaitu Sekolah Literasi. Peluncuran program ini ditandai dengan pelepasan balon dan spanduk oleh Wakil Bupati Kotim, Drs HM Taufik Mukri, pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Stadion 29 November Sampit, Senin (2/5) pagi.

    Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kotim, Ahmad Syaifudi mengungkapkan, melalui program ini, diharapkan minat baca di kalangan pelajar akan meningkat. “Saat ini program Sekolah Literasi ini baru ditujukan untuk SMA/SMK dan MA yang ada di Kotim, kalau tidak salah ada sekitar 50 sekolah,” terangnya.

    Melalui program ini, jelasnya, sekolah diharapkan menyediakan tempat-tempat membaca yang nyaman di sekolah. Seperti taman atau lokasi yang dapat digunakan untuk tempat membaca. Selain itu, di perpusatakaan sekolah juga diharapkan menyediakan buku-buku dan bahan bacaan yang dapat dijadikan sebagai literatur oleh para siswa.

    “Saat ini rata-rata di setiap sekolah sudah memiliki perpustakaan, tinggal nanti bagaimana bahan bacaan di perpusataan ini diperkaya lagi, tidak harus buku. Bisa juga surat kabar atau koran, cerpen dan lainnya,” jelasnya.

    Selain itu, terangnya, kegiatan seperti majalah dinding, penelitian dan juga tentang jurnalistik agar dihidupkan.  Para guru di sekolah juga diharapkan untuk memberikan tugas kepada siswa, dan meminta mereka mencantumkan literatur atau sumber dari buku.

    “Dalam waktu dekat ini sekolah yang akan segera meluncurkan program ini adalah SMK 4. Nantinya seluruh sekolah akan diberikan piagam tentang peluncuran program ini,” tandasnya. (saf/beritasampit.com)