24 Tim Ikuti Kejuaraan Sepak Bola Pelajar Piala Bupati Kotim

    Wakil Bupati Kotim Drs HM Taufik Mukri saat membuka kejuaraan sepakbola antarpelajar se-Kabupaten KotimJunus Muring

    SAMPIT-Sedikitnya 24 tim mengikuti Kejuaraan Sepak Bola Antarpelajar (KSBAP) memperebutkan Piala Bupati Kotim, di Stadion 29 November Sampit, yang digagas Dinas Pemuda dan Olahraga Kotim.

    Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri mengatakan, kegiatan ini harus didukung sepenuhnya sebagai salah satu pengembangan dan pembibitan atlit-atlit berbakat di kotim, sehingga pada saatnya kelak pembinaan dapat dilanjutkan oleh koni kotim, dan pada gilirannya tentunya di kabupaten kotawaringin timur nantinya tidak kekurangan atlet-atlet yang dapat diandalkan, khususnya sepak bola.

    ”Kegiatan kejuaraan sepak bola antarpelajar ini sangat penting. Sebab pengembangan olahraga khususnya sepak bola tidak hanya pengembangan dari segi fisik saja, akan tetapi juga dari aspek mental, dan dapat membentuk insan-insan berprestasi, kreatif, berbudaya, menghargai karya, karsa dan rasa,” kata Taufiq Mukri saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kotim, ketika membuka kegiatan tersebut, Selasa (10/05).

    Menurut Taufiq Mukri, olahraga  dianggap sebagai bagian penting dari proses pembangunan bangsa, dan yang paling penting adalah bahwa kesehatan akan sangat membantu menunaikan tugas dan aktifitas sehari-hari.“Tujuan olahraga yang sangat mulia tersebut harus terus kita kembangkan. Janganlah kegiatan olahraga dijadikan sebagai kegiatan hura-hura, boros waktu dan dana atau hanya dijadikan kegiatan-kegiatan fantasi dan selingan yang tidak banyak memberikan manfaat. justru dalam kondisi yang sangat sederhana kegiatan olahraga dapat terus dilaksanakan sebagai pengabdian dalam pengembangan dunia olahraga,” ujar Taufiq Mukri.

    Taufiq mukri juga mengingatkan, bahwa pembangunan prestasi olahraga memang membutuhkan waktu, dana dan pengorbanan yang besar.Untuk itu, pembangunan usia dini, kemudian dibina ditingkat SMP dan SMA, yang pada akhirnya diharapkan akan menjadi olahragawan yang profesional.

    Sebelumnya, Ketua pelaksana KSBAP Kotim 2016, Hasan Basri, dalam laporannya menyampaikan, Kejuaraan Sepak Bola Antar Pelajar (KSBAP) diikuti Sebanyak 24 tim atauklub.  “Rinciannya 14 tim SMA-SMK-MA dan 10 tim SMP-MTs se Kotim. Sedangkan untuk Juara-juara pada kegiatan ini akan dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan Kejuaraan Sepak Bola Antar Pelajar Provinsi Kalimantan Tengah pada bulan Agustus 2016 di Palangkaraya.” ujar Hasan Basri.

    Sedangkan tujuan digelarnya KSBAP, lanjut Hasan Basri, adalah untuk memberikan wadah pengembangan olahraga pelajar dan Mencari bibit-bibit sepak bola berbakat. “Selain mencari bibit-bibit atlit sepak bola berbakat, kegiatan ini juga untuk menjaring calon peserta kabupaten untuk mengikuti kegiatan yang sama di provinsi, serta Meningkatkan wawasan dan keakraban sesama insan penggemar olahraga khususnya sepak bola,” pungkas Hasan Basri.

    Kejuaraan Sepak bola Antar Pelajar Piala Bupati Kotawaringin Tmur Tahun 2016 resmi dibuka dengan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Kotim Taufiq mukri dan dilanjutkan dengan penyerahan bola kepada wasit yang akan memimpin jalannya pertandingan selama kejuaraan berlangsung. (jun/beritasampit.com)

    (Visited 3 times, 1 visits today)