Masyarakat Diminta Tingkatkan Minat Baca

    Pengunjung yang sedang membaca buku di Perpuastakaan Keliling beberapa waktu yang lalu.FOTO : PRA/BERITASAMPIT.COM

    PULANG PISAU–Untuk mendukung peningkatan minat baca pada Masyarakat Kabupaten Pulang Pisau, Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Kabupaten Pulang Pisau, juga melakukan pengembangan konten lokal. Seperti peningkatan referensi budaya melayu, tulisan sejarah dan pengembangan karya tulis bagi yang mempunyai bakat dibidang tersebut.

    Sekretaris BPAD Kabupaten Pulang Pisau, Sahranie, SEMM mengatakan, bentuk upaya agar lebih meningkatkan minat baca dikalangan Masyarakat luas. Di tahun 2010 silam, BPAD mendapatkan bantuan dari Pemkab Pulang Pisau satu unit mobil Perpustakaan Keliling yang dioprasikan keseluruh Kecamatan Kelurahan atau desa yang ada. “Nanti akan ada tambahan satu unit mobil Perpustakaan Keliling lagi,” ujar Sahranie saat dikonfirmasi Beritasampit.com.

    Sementara itu, Rusma Hadi, AMd Salah Seorang Pustakawan dari BPAD Kabupaten  Pulang Pisau mengatakan, untuk menanamkan minat baca di seluruh pelosok. BPAD, sudah membuka Perpustakaan di 43 Desa. Serta, 43 desa tersebut mendapat ribuan buku yang dipasok dari Provinsi maupun kabuaten sebagai sarana informasi untuk Masyarakat desa.

    “Dari pantauan kami di kantor maupun dilapangan, lebih banyak anak-anak sekolah yang memiliki minat baca ketimbang orang tua,”Ujar Hadi sapaan akrabnya.

    Dilihat dari minat baca orang tua di Daerah Kabupaten Pulang Pisau, memang terlihat sangat minim. Padahal, dari membaca kita bisa mendapatkan informasi terkait pertanian, bisnis dan usaha lainnya yang bisa meningkatkan kesejahteraan Masyarakat itu sendiri.

    Sahranie menambahkan, agar Masyarakat entah itu anak-anak maupun orang dewasa bisa meningkatkan minat baca yang juga bisa meningkatkan taraf hidup diri sendiri maupun kemajuan bersama. (pra/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)