Ekonomi Kerakyatan, Harus Menjadi Pemimpin Terdepan di Kalteng

    PANGKALAN BUN–Melihat gaung semangat baru dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam statemen pidatonya,baik pada acara serimonial pemerintahan, maupun dalam blusukannya ke lokasi pembangunan di daerah, seperti belum lama ini ke Kabupaten Kobar, sangat direspon baik oleh berbagai pihak.

    Di antaranya adalah Kuncoro, salah seorang pengusaha di Pangkalan Bun saat dimintai tanggapannya,tentang Gubernur Kalteng yang baru. Dia mengatakan sangat optimistis bahwa pembangunan Provinsi Kalteng kedepannya akan mengalami perubahan yang lebih signifikan.

    “Seperti telah dijanjikan oleh Pak Sugianto, saat kampanye. Saya sangat mengharapkan ekonomi kerakyatan, kedepannya harus menjadi pemimpin terdepan di Kalteng. Dan semua sektor pembangunan hasilnya benar-benar harus menyentuh kepada masyarakat kecil di daerah,” jawab Kuncoro, saat dibincangi beritasam pit.com Selasa (31/5) di kediamannya.

    Menurut Kuncoro, ekonomi kerakyatan kalau benar-benar sudah maju di Republik ini,  adalah merupakan salah satu tulang punggung pembangunan pemerintah.

    “Kalau rakyat kita di pelosok desa sudah benar-benar sejahtera, dan ekonomi kerakyatannya maju, maka anggaran pemerintah yang dikuncurkan melalui APBN (Pusat), APBD (Provinsi), APBD kabupaten/kota, akan lebih sedikit.Tapi sebaliknya, kalau rakyat Indonesia kehidupannya semakin terpuruk, maka APBN dan APBD semakin meningkat,” ungkap Kuncoro.

    Dijelaskan Kuncoro, bisa meningkatnya kesejahteraan masyarakat harus diawali dengan pembangunan pemerintah yang benar-benar saat dilaksanakan sesuai dengan anggarannya. ”Kalau pelaksanaan pembangunan , kemudian ang garannya dipotong ditengah jalan,mana bisa dirasakan masyarakat sampai lama,”ujarnya.

    Dulu di Tiongkok, dekade awal tahun delapan puluhan ekonomi kerakyatannya benar-benar terpuruk, karena terjadi reformasi besar-besaran. “Kemudian pemerintah turun tangan memberikan modal usaha kepada rakyatnya.Sekarang ekonomi kerakyatanTiongkok, paling terdepan di dunia. Karena lebih dari 80 persenmasyarakatnya membuka home industry sendiri, hasilnya diekspor ke seluruh dunia. Kita harus bisa seperti itu,” imbuh Kuncoro.

    Seperti dikatakan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Pemprov Kalteng punya bank, yaitu Bank Kalteng. “Pak Gubernur,selain menyarankan semua pejabat dan PNS di Kalteng diwajibkan menabung ke Bank Kalteng, juga Bank Kalteng harus proaktif memberi bantuan pinjaman bunga lunak, untuk modal usaha kepada masyarakat,” tandas Kuncoro.

    Dia menambahkan, segala sesuatu yang diprogramkan seorang pemimpin daerah, mulai dari Kades, Camat, Bupati, Walikota,Gubernur sampai ke Presiden. Semuanya baik.Tapi semua itu mereka tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, kalau tidak ada bantaun dan dukungan masyarakat.

    “Untuk itu dengan hadirnya Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, yang memiliki semangat baru, mari kita dukung program-programnya agar pembangunan disemua sektor benar-benar bisa lebih signifikan menyentuh kepada masyarakat didaerah,” beber Kuncoro. (man/beritasampit.com)