Belum Setahun Dikerjakan, Banyak Jalan yang Sudah Rusak

    SAMPIT-Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kotim, Muhammad Shaleh, mengaku prihatin saat melihat kondisi sejumlah jalan yang baru dikerjakan, namun belum sampai satu tahun selesai dibangun, kondisinya sudah ada yang rusak.“Kasihan, jalan baru dikerjakan sudah hancur, melihat kondisi tersebut tentunya kita menyoroti terhadap kualitas pekerjaan sangat jauh, dan seharusnya ini diperhatikan pemerintah dari sisi teknisnya bagaimana, pengawasannya bagaimana terhadap pekerjaan kontraktor,” ungkap Shaleh,Rabu (22/6).

    Bukan hanya jalan kabupaten, namun politikus dari PAN tersebut juga menyoroti jalan provinsi yang kondisinya juga sudah banyak yang rusak, padahal proses pembangunan jalan itu juga baru selesai dikerjakan.

    “Berarti ada yang salah dikerjakan oleh rekanan, kita minta instansi teknis melakukan pengawasan ketat terhadap proses pengerjaan, asal jangan ikut bermain. Kita tidak tahu jangan-jangan pihak kontraktor mengerjakan tidak sesuai spesifikasi,mulai dari penimbunan, agregat sampai proses finising pengaspalannya,” terang Shaleh.

    Selain itu, hal lainnya yang menjadi sorotannya adalah pengawasan terhadap angkutan berat yang selama ini masih lemah dan belum pernah ada penyelesaiannya. Bahkan kendaraan berat seperti truk kontainer sudah sering terlihat masuk kedalam kota, jika itu terus dibiarkan tidak menutup kemungkinan jalan dalam kota akan banyak yang rusak, dan masalah ini akan menambah banyak kerugian bagi daerah.

    “Kontainer masuk kota dengan leluasa, selain berdampak mengurangi kenyamanan masyarakat pengguna jalan, karena akan menimbulkan kemacetan ketika mereka bongkar muat disekitar toko bersangkutan, tapi juga kapasitas angkutan yang melebihi kemampuan badan jalan, akan merusak badan jalan, terutama jalan di kota ini,”tandasnya. (bro/beritasampit.com)