Kawasan Wisata Jelawat Diharapkan Bebas Rokok

    SAMPIT-Setiap harinya kawasan wisata Ikon Jelawat tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi keberadaannya yang tepat di pinggir sungai mentaya, membuat tempat itu dijadikan wadah bersantai yang nyaman bagi warga.

    Namun sangat disayangkan, meski tingkat kebersihan di kawasan itu selalu terjaga, tetapi tetap saja pengunjung banyak yang mengeluh, lantaran banyak warga yang tidak memperhatikan lingkungan, seperti merokok sembarangan.

    Padahal sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat wisata itu adalah mereka yang membawa keluarganya, dan kebanyakan ada balita dan juga anak-anak yang senang bermain di kawasan tersebut.

    “Saya sangat prihatin tidak ada larangan merokok disini, apalagi kita kesini membawa anak-anak ingin menikmati suasana yang sejuk dan nyaman, tapi banyak yang merokok, kasihan anak-anak menghirup racun dari rokok itu,” kata Wawan, salah seorang pengunjung.

    Hal senada juga diungkapkan Rifani, seorang wisatawan dari Banjarmasin Kalimantan Selatan, sangat menyukai kawasan wisata jelawat yang menurutnya memberikan suasana yang nyaman dan sejuk. Namun Dia menyayangkan masih banyak pengunjung merokok sembarangan, tanpa memperhatikan kenyamanan pengunjung lainnya.

    “Jujur saja, saya sangat risih kalau ada yang merokok disamping, Seharusnya ada larangan tegas atau dipasang papan pemberitahuan larangan merokok, biar warga yang datang kesini merasa benar-benar nyaman,”papar Fani.

    Ikon Jelawat telah memberikan daya tarik yang luar biasa, bahkan sudah dikenal sampai keluar daerah, hal ini yang seharusnya menjadi perhatian Pemerintah Daerah, bagaimana menjaga agar ikon kebanggaan Kotim tersebut bisa terjaga dengan baik, sehingga bisa terus menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Sampit sebagai Ibukota Bumi Habaring Hurung.

    “Saran saya, meski bukan warga sampit, hanya warga pendatang. Alangkah baiknya diperketat pengawasannya seperti menambah larangan merokok, biar warga yang berkunjung merasa nyaman. Tapi saya lihat scuritinya juga merokok ditempat ini, seharusnya memberi contoh yang baik, biar pengunjung lainnya juga segan untuk merokok sembarangan,” tandasnya. (bro/beritasampit.com)