Ribuan Pebalik Mulai Memasuki Kotim

    SAMPIT-Memasukji H+6 lebaran Idulfitri 1437 Hijriyah ini, jumlah penumpang menggunakan kapal laut mulai terlihat ada peningkatan, meski tidak begitu signifikan.Namun jumlah penumpang yang datang mencapai 1.638 orang, seperti  saat kedatangan Kapal Motor (KM) Egon, KM Kirana I serta Kirana III dari Surabaya dan Semarangyang diturunkan di Pelabuhan Sampit, Selasa (12/7).

    Diperkirakan arus balik ini akan terus meningkat usai sepekan lebaran atau setelah lebaran katupat, karena sebagian besar para penumpang berasal dari berbagai daerah di pulau jawa adalah para pekerja di sektor perkebunan sawit, selain itu mengingat sejumlah perusahaan besar swasta di Kotim sudah mulai kembali menjalankan aktifitasnya, sehingga mereka pun mulai balik untuk berkerja.

    “Untuk arus balik sampai tanggal 24 Juli kita lakukan sampai H+15 nanti, kita prediksi arus balik kebiasaan di daerah jawa masih merayakan lebaran sawal, setelah lebaran sawal itu akan terlihat puncaknya arus balik,”ungkap Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Sampit, Kapten Benny Noviandinudin.

    Benny menambahkan, sampai saat ini arus balik masih lancar, bahkan kondisi cuaca juga masih aman untuk berlayar, diperkirakan hingga habis masa puncak arus mudik akan berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

    “Kendalanya hanya pasang surut air sungai mentaya ini saja, selama arus balik atau sampai tanggal 24 nanti, telah disiapkan sebanyak 16 kol kapal nantinya untuk menanggkut penumpang menuju Sampit ini,”tandasnya. (bro/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)