Penguatan Pendidikan Karakter, SMA 1 Pulpis Gelar Kemah Blok

    PULANG PISAU-Gerakan pramuka merupakan salah satu wadah yang ikut bertanggung jawab terhadap kegiatan pembinaan dan pengembangan generasi muda. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan pembinaan dan pengembangan diri untuk menciptakan sosok generasi muda yang tangguh, aktif, kreatif, mandiri dan disiplin. Sehubungan dengan hal tersebut Gudep HM Sanusi – Nyai Undang telah mengadakan Kemah Blok Kurikulum 2013 yang bertema pengenalan dasar kepramukaan dan penguatan pendidikan karakter dalam kepramukaan.

    Kegiatan yang terlaksana pada Hari Sabtu-Minggu (23-24)Juli yang bertempat di SMA 1 Kahayan Hilir, selain dimeriahkan oleh peserta didik baru yang berjumlah 147 orang, acara ini ini juga dimeriahkan dengan ikut sertanya dewan guru sebegai peserta di dalam perkemahan blok ini.

    Kepala SMA 1 Kahayan hilir, Suparno SPd mengatakanbahwa kemah blok kepramukaan ini terlaksana karena sifatnya wajib dan juga tercantum di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) 63 Tahun 2013 yang menyatakan sekolah yang menjalankan kurikulum 2013 mewajibkan pramuka sebagai ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik.

    Selain itu, dalam perkemahan ini juuga terdapat tiga metode pelaksanaan berupa perkemahan blok wajib diadakan setahun sekali oleh sekolah yang sudah menjalankan kurikulum 2013, aktualisasi terkait semua mata pelajaran yang dilaksanakan oleh para guru dan yang bersifat regular dibawah binaan Gugus Depan.

    “Terkait dengan aktualisasi, kami akan mengaitkan kepramukaan dalam mata pelajaran yang akan dilaksanakan oleh para guru dan akan diserahkan kepada Pembina pramukanya untuk diberikan kepada peserta didik,” ucap Suparno saat dijumpai beritasampit.com.

    Sementara itu salah seorang peserta didik baru yang ikut dalam perkemahan itu, Supriadi mengatakan perkemahan ini merupakan hal baru yang menyenangkan. Sebab, selain untuk mempererat silaturahmi kepada teman – teman barunya. Dirinya, juga bisa mempererat silaturahmi kepada para guru yang belum dikenalnya sama sekali.

    “Saya senang ikut perkemahan Blok ini, karena kegiatan ini sifatnya positif, bermanfaat dan bisa menambah wawasan saya,” tutup Supriadi. (pra/beritasampit.com)