Melalui Safari Ramadhan, KNPI Ingin Serap Aspirasi Masyarakat

    PALANGKA RAYA-Masih banyak daerah pinggiran yang jarang tersentuh oleh masyarakat, di  bulan Ramadhan ini, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Daerah Kalimantan Tengah melaksanakan Safari Ramadhan bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat yang belum tersampaikan.

    “Safari Ramadhan kali ini memang kita cari lokasi-lokasi pinggiran dan didaerah-daerah yang benar-benar jarang tersentuh oleh masyarakat luar dan kedepan kita akan melaksanakan di desa tundai. Adapun tujuan kegiatan sapari ramadhan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi kepada masyarakat serta serap Aspirasi masyarakat yang belum tersampaikan,” jelas Ketua KNPI Kalteng, Fairid Naparin, kepada awak media saat melaksanakan Safari Ramadhan di Mesjid Darut Taqwa Kelurahan Kelampangan Kota Palangka Raya, Jum’at (24/06).

    Fairid menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Safari Ramadhan yang dilaksanakan di beberapa Kelurahan di Kota Palangka Raya seperti di Kelurahan Mendawai, Kelurahan Kelampangan. Selanjutnya direncanakan akan diselenggarakan di Tangkiling dan di Desa Tundai.

    Dia juga menegaskan, KNPI Provinsi Kalteng menyatakan kesiapan untuk menjebatani apa yang menjadi keinginan dan aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada kaum pemuda.

    “Dengan adanya keinginan yang disampaikan oleh masyarakat, akan dicari solusi serta jalan keluar yang terbaik. Seperti keinginan masyatarat Kelurahan Kelampangan untuk membangun sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN). Insya Allah kami darikepemudaan akan mencoba memfasilitasi keinginan masyarakat untuk menyampaikan keinginan dari masyarakat yang ingin memiliki sekolah MTsN kepada Kementerian Agama (Kemenag),” ungkap Fairid.

    Disisi lain, Lurah Kelampangan, Hadi Suwandoyo menjelaskan, dia mewakili seluruh masyarakat yang ada di Kelampangan mengucapkam terima kasih banyak atas kegiatan kunjungan yang dilakukan oleh DPD KNPI Provinsi Kalteng.

    “Kita sangat menyambut baik kegiatan positif seperti ini. Tentunya bertujuan untuk memperkuat ukuah islamiah umat muslim yang ada di Kelampangan ini. Belum lagi kegiatan santunan yang dilakukan oleh KNPI sendiri sebagai wujud sosial terhadap kepedulian masyarakat,” jelas Hadi.

    Disinggung adanya keinginan masyarakat untuk memiliki sekolah MTsN, dirinya mengaku, program tersebut sebelumnya sudah diusulkan kepada Pemerintah Kota Palangka Raya ataupun Kementerian Agama. Tentu masyarakat menginginkan agar ada sekolah lanjutan dari sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) yang sudah ada sebelumnya.

    Berdasarkan pantauan media ini di lapangan, pada kesempatan kegiatan tersebut, Fairid secara peribadi memberikan santunan kepada anak yatim, lansia dan fakir miskin yang ada di Kelurahan Kelampangan dengan total yang menerima santunan sebanyak 70 orang.

    Kegiatan Safari Ramadhan DPD KNPI Provinsi Kalteng dihadiri Kepala Kepolisian Sektor Sebangau, Ipda Aris Suprianto, Ketua Pengurus Mesjid Darut Taqwa, Fatkhur Rozi, RT/RW se Kelampangan, alim ulama atau pemuka agama se Kelurahan Kelampangan, KKN Mahasiswa UGM Yogyakarta serta tamu undangan lainnya.(nata/beritasampit.com)