Masih Gembira Saat ikuti Kegiata Agroforestry Lestari

    PULANG PISAU–Peserta Peda XI KTNA Provinsi Kalimantan Tengah, tengah mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Di antaranya Agroforestry Lestari. Sebab,  rehabilitasi lahan baik di kawasan hutan maupun di lahan milik masyarakat perlu segera dilakukan penanaman untuk meningkatkan produktivitas lahan.

    Masing – masing kontingen yang berjumlah lima orang, diwajibkan untuk mengikuti agenda ini. Sebab, hal ini salah satu upaya bagaimana cara menanam, merawat, melestarikan hutan agara tidak terjadi dampak negatif bagi lingkungan sekitar maupun dampak yang meluas.

    Manipulasi lingkungan pengaturan jarak tanam, pemberian mulsa dan minimum tillage menjadi hal penting untuk mempercepat rehabilitasi lahan. Akan tetapi, pada praktiknya rehabilitasi lahan di tengah kebutuhan lahan pertanian haruslah dilakukan dengan agroforestry, yaitu dengan memadukan tanaman kayu dan pangan.

    Anto, salah seorang Kontingen dari Kabupaten Murung Raya mengatakan, dalam kegiatan ini mereka melakukan penanaman berbagai macam jenis tanaman seperti buah – buahan, sayur – sayuran dan tanaman hutan.“Banyak yang kami tanam, seperti rambutan, durian, sayur. Serta,  kami pun ada menanam pohon hutan seperti sengon, garu, dan sawit,” ujarnya.

    Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H habib Said Ismail dalam sambutanya beberapa waktu yang lalu mengatakan, setiap daerah wajib untuk melestarikan lingkuangan dengan cara menanami yang bermanfaat dan melestarikan hutan yang ada didaerah ruang lingkup Kalimantan Tengah.

    “Mari kita sama – sama menjaga dan merawat, lingkugan dimana tempat kita tinggal. Serta, tanam lah tumbuhan yang bermanfaat bagi kehidupan kita,” tutup Wakil gubernur Kalimantan Tengah. (pra/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)