SMAN 1 Bulik Sosialisasi SMA Rujukan

    NANGA BULIK-Para pelajar di SMA Negeri 1 Bulik belum lama ini baru saja mendapatkan sosialisasi tentang SMA rujukan. Dalam sosialisasi tersebut dihadiri oleh para siswa SMA N 1 Bulik, guru, tokoh masyarakat, komite dan Dinas Dikjar Kabupaten Lamandau yang berlangsung di aula sekolah SMAN 1 Bulik.

    Sekolah Rujukan adalah program Kemdikbud yang melibatkan 614 sekolah di Indonesia sebagai sekolah rujukan, yang masing-masing memiliki tanggung jawab kepada sejumlah sekolah imbas di sekitarnya. Kriteria sekolah rujukan adalah sekolah-sekolah yang sudah memenuhi 8 standar nasional pendidikan (SNP) plus sejumlah keunggulan yang sudah menjadi budaya sekolah yang kuat.

    Ketua panitia, Kanti, mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan lebih lanjut Sekolah Rujukan kepada publik. Sebagaimana diketahui, bahwa SMA Negeri 1 Bulik menjadi satu – satunya sekolah tingkat menengah atas yang mendapatkan mandat dari Direktorat Pendidikan SMA (Dit.PSMA) Kementerian Pendidikan sebagai Sekolah Rujukan di kabupaten Lamandau.

    “Sekolah Rujukan merupakan sebuah upaya pengembangan sekolah oleh pemerintah secara langsung guna percepatan dan perluasan peningkatan mutu pendidikan,” ungkapnya.

    Selain itu, lanjut dia, lembaga yang terpilih, akan mendapat dukungan dana dari pusat dan pendampingan dari provinsi. Dengan demikian, pendirian sekolah rujukan benar-benar dapat berjalan efektif. Setelah sosialisasi hari ini, akan banyak sekali agenda – agenda terkait dengan Sekolah Rujukan yang akan terus dijalankan oleh tim.(cipt/beritasampit.com)