Orangutan Dijadikan Maskot Pilkada Kobar 2017

    PANGKALAN BUN – Sebelumnya telah banya yang menduga,dan ternyata benar salah satu satwa langka didunia yang dilindungi,dan nyaris punah yakni Orangutan,akhirnya telah dijadikan Maskot Pilkada Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) 2017.

    Peresmian Maskot Orangutan,digelar  cukup meriah dihalaman Kantor KPUD Kabupaten Kobar Selasa (2/10),disaksikan oleh seluruh Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kotawaringin Barat.

    Menurut Ketua KPU Kobar Siti Wahidah,dipilihnya satwa orangutan lantaran dinilai memiliki hubungan yang cukup erat dengan Kobar. Terutama dalam hal kepariwisataan. Sebab, sejak beberapa tahun terakhir orangutan sudah dianggap sebagai salah satu ikon Pariwisata di Provinsi Kalteng,khususnya di Kabupaten Kobar.

    “Orangutan yang berkoloni di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) telah menjadi magnet wisata dunia,karena keberadaan Taman Nasional Tanjung Puting  yang merupakan kawasan konservasi Orangutan terbesar di dunia. Untuk itulah kami telah memutuskan orangutan sebagai ikon Pilkada Kobar pada 2017. Maskot tersebut nantinya didesain dan berbasis pada lambang daerah Kobar”,ungkap Siti.

    Seperti daerah lain, Kabupaten Jepara, Jateng kalau tidak salah menggunakan gajah sebagai maskot. Kemudian kemarin Kotim (Kotawaringin Timur) juga menggunakan ikan jelawat sebagai maskotnya.

    Sebelum Orangutan akan dijadikan Maskot Pilkada, pihak KPU telah menjalin komunikasi dengan sejumlah non-goverment organization (NGO) atau lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang konservasi orangutan di Kobar.Juga kepada Yayasan Orangutan Indonesia, Orangutan Foundation International (OFI) dan Orangutan Foundation UK (United Kingdom),” beber Siti Wahidah. (man)

    (Visited 1 times, 1 visits today)