Rombongan SAIL Indonesia 2016 Disambut Atraksi Kesenian Daerah

    PANGKALAN BUN – Rombongan tamu SAIL Indonesia 2016 yang datang dari berbagi Mancanega  disambut,atraksi kesenian daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. Acara penyambutan digelar dihalaman Rumah Betang Desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kobar Kamis (6/10).

    Pantauan beritasampit.com,rombongan tamu SEAL sebelum masuk halaman Rumah Betang, disambut sejumlah seni budaya daerah yang ditampilkan antara lain, Tari Potong Pantan dengan makna penyambutan.Kemudian Tari Tepung Tawar, Tari Mandau Telabang dan Tari Manasai.

    Saat Tari Manasai, sejumlah tamu SEAL dari berbagai negara ikut menari berbaur dengan para penari dari Pangkalan Bun. bahkan Bupati Kabupaten Kobar Bambang Purwanto,dan sejumlah petinggi Kobar pun ikut serta dalam menari bersama, sehingga membuat suasana acara penyambutan semakin semarak.

    Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kobar Gusti Imansyah  mengatakan dengan ditampilkannya kesenian budaya untuk memperkenalkan potensi kesenian dimiliki Kabupaten Kobar kepada para peserta yang datang dari berbagai negara tersebut.

    “Melalui atraksi ini, peserta Sail Indonesia yang hadir sebanyak 35 orang akan mengetahui seni budaya yang dimiliki Kobar dan ini juga merupakan salah satu promosi bagi pariwisata didaerah kita,” ungkap Gusti Imansyah,

    Sementara itu Bupati Kobar Bambang Purwanto mengatakan selama para turis mancanegara berada di Kobar,akan berkenunjung kebeberapa loasi obyek wisata,selain Keraton Istana Kuning,juga akan ke Taman Nasioal Tanjung Puting (TNTP).

    “Dikobar ini banyak sekali objek objek wisata alam yang sangat indah, hanya saja kurang dipromosikan sehingga turis yang datang tahunya hanya orangutan dan TNTP, pada hal kita miliki pantai yang indah, begitu juga objek wisata lainnya,”ujar Bupati.

    Bupati berkanji, akan lebih fokus lagi dalam pengembangan pariwisata di Kobar, karena daerah perlu mendongkrak objek-objek wisata untuk meningkatkan PAD. (man)