Lasqi Tingkat Provinsi, Kotim Optimis Rebut Juara Umum

    Sampit – Upaya memperbaiki prestasi pada pagelaran Festival Seni Qasidah (Lasqi) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kotim. Bukti keseriusan ini diperlihatkan dengan menerjunkan para kafilah terbaiknya untuk mengikuti Lasqi ke  V Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, yang digelar di Kabupaten Kapuas bulan oktober ini.

    “Jika tahun lalu kita tidak mengikuti keseluruhan. Tahun ini kita kirim 90 orang Kafilah, atau keseluruhan kontingen kita terjunkan mengikuti semua cabang,” Ungkap Ketua Kontingen Lasqi dan juga MTQ Korpri Sugian Noorn kamis (13/10).

    Berkaca dari pengalaman tahun 2015 pada Lasqi ke IV di Kabupaten Katingan lalu. Meski tidak menerjunkan keseluruhan Kafilah, namun Kotim berhasil mendapatkan banyak memperoleh prestasi, hal itu yang menjadi penyemangat kuat di tahun 2016 ini.

    “Semoga tahun ini yang kita ikuti seluruh cabang, mudah-mudahan bisa menambah lagi pundi-pundi prestasi kita, bahkan keinginan kita menargetkan juara umum bisa tercapai,” kata Sugian.

    Sementara, selain melepas para Kafilah Lasqi, namun dalam Kegiatan tersebut juga sekaligus dilaksanakan pelepasan perwakilan Kafilah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Korpri Kotim, yang akan mengikuti MTQ ke – 3 Tingkat Provinsi Kalteng di Ibu kota Palangka Raya.

    Tidak seperti Lasqi, di MTQ Korpri ini kafilah yang diterjunkan hanya 10 orang, dan Kotim hanya bisa mengikut sertakan para kafilahnya pada 5 cabang, dari 11 kategori lomba yang dipertandingkan.

    “Kita tidak mengikuti seluruh cabang di MTQ Korpri ini, karena terkendala keterbatasan kafilah, saat seleksi lalu tidak ada pesertanya. Tetapi ke depannya kita terus berupaya bisa mengisi yang tidak terisi ini,” paparnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Kotim HM.Taufiq Mukri dalam sambutan singkatnya, meminta para seluruh Kafilah untuk bisa tampil semaksimal mungkin mengeluarkan kemampuan yang dimiliki. Dirinya yakin dengan tekat yang kuat oleh seluruh Kafilah, Kotim bisa memberikan prestasi terbaik itu event MTQ Korpri maupun Lasqi Tingkat Provinsi Kalteng tersebut.

    “Saya hanya ingin kafilah Lasqi dan juga MTQ bisa jadi yang terbaik, itu saja yang saya harapkan,” tandas Wabup. (Ilm)