Untuk Siapa Ya.. Kegiatan Management Auditing

    NANGA BULIK-Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada Management Auditing, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Perindagkop) dan UMKM mengadakan pelatihan bagi pengawas koperasi.

    Pelatihan tersebut dilaksanakan Jumat (14/10) sampai dengan Sabtu (15/10) bertempat di Aula Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Lamandau.

    Sebab, pengelolaan koperasi secara profesional  sangat diperlukan dari seluruh pengurus hingga managementnya. Dengan penanganan yang professional, lembaga koperasi akan dapat tumbuh dan berkembang dalam rangka menggerakan perekonomian masyarakat.

    Materi pelatihan meliputi pentingnya tugas pengawas koperasi, peran dan wewenang pengawas dalam membangun koperasi, auditing, indikator kinerja pengawas internal serta materi pendukung lainnya. Instruktur pelatihan dari Kementrian Koperasi dan UKM Jakarta dan pejabat Dinas Perindagkop Kabupaten Lamandau.

    Sementara itu Kepala Bidang Koperasi, Lanie, S.Sos mengatakan, pengurus dan pengawas  yang dilatih penguasaan management dan audit  ini sebanyak  32 orang.

    Dia  berharap melalui latihan ini, dapat terwujud  pengurus  dan  pengawas koperasi yang menguasai tata cara pengelolaan lembaga yang dipimpinnya dengan baik.

    “Fungsi management yang berawal dari Rapat Anggota Tahunan (RAT) dimulai dari perencanaan, organisasi,  penggerakan  dan  kontroling  atau  pengawasan harus dilaksanakan secara berkesinambungan. Pengawas atau auditor harus mengetahui rugi, laba, dan kas koperasi,” kata Lanie.

    Maju atau tidaknya koperasi, pada dasarnya tergantung komitmen yang kuat  antara pengurus dan seluruh anggota koperasi itu sendiri.

    “Oleh sebab itu, koperasi berazaskan dari dan untuk anggota, maka  kerjasama dan saling pengertian itu mutlak dibangun,” tutup Lanie.(cipt/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)