Stabilkan Harga Sayur Hasil Petani Lokal.. Ini Yang Dilakukan DP3KP..

    SAMPIT-Agar harga kebutuhan bahan pokok seperti sayuran, ikan, dan hasil panen makanan lokal stabil di pasaran, Dinas Pertanian Peternakan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (DP3KP) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, membuka pasar dadakan setiap Jumat di halaman kantor tersebut.

    Pasar ini sebagai upaya pemerintah daerah membantu mempromosikan sayur hasil petani lokal di bawah binaan dinas.

    “Ini dilakukan sebagai upaya, bagaimana menstabilkan harga dipasaran. Sehingga para pedagang ini tahu berapa harga dagangan yang dijualnya dan tidak dimainkan oleh para tengkulak. Selain itu untuk memfasilitasi para petani dengan pedagang serta pembeli,” ujar Heru, Sekretaris DP3KP Kotim, (21/10/2016).

    Dia menambahkan, bahwa pasar tersebut sebagai ajang promosi hasil petani lokal yang langsung dibina oleh para PPL (petugas penyuluh lapangan) di DP3KP. Sedangkan untuk pembeli pada pasar itu, masih dikalangan pegawai lingkup Pemkab Kotim.

    “Kita bangga bisa memfasilitasi sekitar 20 petani dengan pedagang lainnya. Walaupun pembeli masih dikalangan pegawai, tapi ini lumayan ramai karena perputaran uangnya sudah diatas Rp 7 juta keatas,” pungkasnya. (raf/beritasampit.com)