Rahmat Nasution Hamka Apresiasi Pengembangan Sekolah Catur di Kalteng

    PALANGKA RAYA – Anggota DPR RI Rahmat Nasution Hamka mendukung penuh pengembangan terhadap sekolah catur di Kalimantan Tengah.

    Menurutnya, mulai meningkatnya peminat olahraga catur di Kalteng, sudah tentu harus didukung penuh dengan sarana dan prasarana yang menunjang, salah satunya adalah dengan pembangunan sekolah catur di Kalteng.

    “Kita sangat mendukung apa yang diinginkan masyarakat Kalteng terhadap sekolah catur. Saya akan berusaha menfasilitasi hal ini,” kata Hamka, disela menyaksikan Kejuaraan Catur Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Asrama Haji Kalteng, Sabtu (19/11/2016).

    Anggota Fraksi Partai PDIP DPR RI, Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah ini juga menambahkan, saat ini peminat olahraga asah otak tersebut sudah menunjukkan kemajuan di Kalteng.

    Peminat catur saat ini tidak hanya dari kalangan tua dan orang dewasa saja, melainkan dari kalangan remaja terutama pelajar yang sudah banyak menggeluti catur. Oleh sebab itu, perlu dukungan dalam berbagai hal, agar catur dapat terus menjadi olahraga yang diminati oleh semua kalangan.

    “Kita lihat bawa anak SD sudah banyak yang ikut kejuaraan catur. Ini tentunya bisa membawa nama baik daerah atas prestasinya,” ungkapnya.

    Sementara, Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid, mengungkapkan sangat mengapresiasi adanya keinginan masyarakat Kalteng terhadap pembangunan sekolah catur.

    “Kita terus siap mendukung program Pemerintah. Apalagi ini untuk prestasi anak-anak khususnya di Kalimantan Tengah. Dunia percaturan di Kalteng ini sudah mulai masuk ke anak-anak, khususnya kalangan pelajar, dan generasi muda ini harus terus didukung untuk prestasi anak bangsa Kalimantan Tengah,”kata Hafid.

    Seperti yang diketahui, sebelumnya, Ketua Umun Percasi (Persatuan Catur Indonesia) Kalimantan Tengah yang juga adalah Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran, mengapresiasi keinginan dan dukungan dari Master Catur Utut Adianto yang menghendaki agar ada sekolah catur di Kalteng termasuk masyarakat Kalimantan Tengah.

    “Insya allah, kita apresiasi rencana pembangunan sekolah catur ini. Kalteng punya banyak bakat terpendam untuk pecatur sehingga bisa dikembangkan,” tandasnya. (raf/beritasampit.com)