Infrastruktur Pertanian Baamang Hulu Perlu Perhatian

    SAMPIT – Petani di wilayah Baamang Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), membutuhkan infrastruktur pertanian dalam rangka mendorong produktivitas tanaman pangan yang di budidayakan.

    Lurah Baamang Hulu Sufiansyah mengatakan, kawasan pertanian di Baamang Hulu cukup luas, sehingga perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah untuk mengembangkan kawasan tersebut bagi para petani lokal.

    Menurutnya, wilayah Baamang Hulu juga masih sangat potensial terhadap lahan pertanian khususnya tanaman padi.  “Masyarakat Baamang Hulu memang sebagian besar adalah para petani dan hasil pertanian tersebut cukup untuk ekonomi mereka. Akan tetapi untuk meningkatkan produktivitas mereka harus juga didukung oleh infrastruktur pengembangannya,” ujar Sufi (20/11/2016).

    Dirinya juga menambahkan bahwa masyarakatnya, tidak saja hanya bertani, tetapi juga berkebun nanas. Sebab, lahan di wilayahnya merupakan lahan gambut basah yang juga cocok ditanam buah nanas.

    Untuk diketahui, kebijakan Pemerintah Kabupaten Kotim, telah menunjuk wilayah selatan sebagai lumbung padi, bahkan menargetkan Kotim mampu mencapai swasembada beras. Akan tetapi, sampai saat ini produk pertanian di Kotim dinilai belum berjalan dengan maksimal.

    Sehingga wilayah lainnya juga berlomba dan diminta untuk memanfaatkan lahannya untuk pertanian agar target tersebut bisa tercapai. (raf/beritasampit.com)

    (Visited 1 times, 1 visits today)