Status Waspada Menjadi Siaga Darurat Banjir

    Banjir yang terjadi di Desa Sudan Kecamatan Cempaga Hulu, beberapa waktu lalu.

    SAMPIT – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, Sutoyo mengatakan saat ini kondisi status waspada di Kotim, sudah bisa ditingkatkan menjadi siaga darurat bencana banjir.

    Sebab, banjir diprediksi terus terjadi, di beberapa desa di Kotim dan terus akan meluas. Sehingga pihaknya mengimbau agar masyarakat dapat terus waspada dari ancaman banjir di wilayah masing-masing.

    “Dari peta rawan bencana BPBD, terdapat sepuluh kecamatan di Kotawaringin Timur yang rawan banjir, yakni Baamang, Mentawa Baru Ketapang, Kotabesi, Cempaga Hulu, Mentaya Hilir Utara, Bukit Santuai, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu dan Tualan Hulu,” sebut Sutoyo, sabtu (26/11/2016).

    Dirinya juga mengatakan wilayah kecamatan di kawasan Utara menjadi perhatian serius pihaknya karena tingkat rawan banjir di wilayah itu cukup tinggi. Selain masyarakat, pihak kecamatan juga diminta terus memantau wilayahnya masing – masing dan segera berkoordinasi jika ada desa yang dilanda banjir. (raf/beritasampit.com).