Rencana Penanaman Pohon Akasia, Disambut Baik Petani Dayak Manisik Kecamatan MHS.

    SAMPIT – Sosialisasi rencana penanaman pohon singon super di wilayah Kecamatan Mentaya Hilir Selatan (MHS) Kabupaten Kotawaringin Timur ( Kotim), yang digelar oleh PT Chung Lung Lam salah satu perusahaan dari Cina di sambut baik oleh petani dayak misik setempat.

    Tujuan di gelarnya Sosialisasi oleh investor dari Tiongkok itu ingin memanfaatkan lahan semak belukar maupun lahan tidur yang jauh dari areal pertanian warga. 

    Rencananya juga, lahan terbilang masih kawasan hutan produksi (hp) juga nantinya akan dikembangkan menjadi lahan produktif yang mendatangkan devisa. Sedang proses izin atau legalitas memanfaatkan lahan tersebut nantinya akan diurus pihak investor ke Pemerintahan Pusat.

    “Memanfaatkan lahan tidur yang ada di wilayah itu juga disesuaikan dengan kultur tanah, salah satunya tanam pohon Akasia Super dan jenis tumbuhan ekonomis lainnya,” ungkap Sekretaris Camat MHS, Akhmad Zuhdi, rabu (14/12) 

    Dalam pertemuan antara pihak PT Chung Lung Lam dan kelompok tani Dayak Misik MHS tersebut menghasilkan kesepahaman asalkan segala ketentuan serta usul yang mereka (Kelompok  Petani Dayak Misik) berikan disepakati.

    Dari kedua belah pihak nampaknya sejalan, masing-masing perwakilan akan melanjutkan ke proses memenuhi segala persyaratan hingga nantinya berlanjut ke penandatanganan MOU. 

    ” Kita ingin masing-masing kelompok tani yang mewakili desa tahu dulu terkait isi MOU yang akan dibuat sebelum ditandatangani, dengan tujuan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari,” tegas Akhmad Zuhdi.

    Sementara, Hadir dalam pertemuan sosialisasi itu juga Damang MHS, Akhmad Taufik, perwakilan PT Chung Lung Lam Guntur, Kapolsek Jaya Karya Iptu Irfan Mochammad Nur Ali Reja,S.I.K dan Koramil 1015-06 yang mewakili Serma Selamet, para Kepala Desa / Lurah, BPD dan petani Dayak Misik se Kecamatan MHS. (mar/berita sampit.com).

    (Visited 1 times, 1 visits today)