Rp100 Miliar Untuk Peningkatan Jalan 

    PANGKALAN BUN –  Dari 1200 Kilometer panjang jalan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kondisi jalan yang sudah beraspal baru sejauh 450 Kilometer, sedangkan 750 Km lagi dalam kondisi belum beraspal. Rencananya di tahun 2017 ini, Pemerintah Daerah Kobar melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kobar, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 100 miliar untuk pembangunan peningkatan jalan.Kabid Bina Marga DPU Kobar Dr. Juni Gultom, ST.MT, mengatakan di tahun 2017 ini pembangunan dilakukan pada peningkatan jalan Desa hingga Kota di semua Kecamatan yang ada di Kobar, kemudian juga menyelesaikan peningkatan ring road yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

    “Anggaran yang disiapkan untuk peningkatan jalan desa sebesar Rp. 100 miliar dari APBD Kobar, meski belum mantap secara keseluruhan, namun sudah terbuka semua akses Desa ke Kota,” katanya.

    Juni menjelaskan, seperti di Kecamatan Arut Utara (Aruta), pada tahun 2017 ini telah disiapkan sebesar Rp. 11 miliar untuk tiga kegiatan besar, diantaranya pembangunan jalan dari pinggir Desa Sungai Dau menuju Desa Sambi ke Simpang Salib disiapkan anggaran sebesar Rp. 5 Milyar untuk tahap pertama. Selain itu juga, pembangunan dua buah jembatan Aruta dan pembangunan jalan dalam kota Pangkut Kecamatan Aruta.

    “Semuanya pembangunan yang kita kerjakan dalam upaya peningkatan jalan penghubung Desa ke Kota seperti yang di instruksikan pak Gubernur semuanya telah kami akomodir,” paparnya.

    Sedangkan, untuk Kecamatan Kumai sendiri disiapkan anggaran Rp. 17 miliar, dana tersebut untuk pembangunan peningkatan jalan Desa Keraya sebesar Rp 9,6 miliar, termasuk melanjutkan peningkatan jalan dalam Kota Kumai.

    “Saya berharap agar semua program ini berjalan dengan baik, mohon dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Kobar,” ucapnya. (man/beritasampit.co.id).

    (Visited 1 times, 1 visits today)