Anggota Dewan Katingan Ini… Minta Yantenglie Bertugas Seperti Biasa

    KASONGAN-Sikap kecewa masyarakat dan desakan agar Bupati Katingan Ahmad Yantenglie mundur dari jabatannya, tampaknya masih disikapi bijak oleh sebagian anggota DPRD Katingan.

    Ketua Komisi I Karyadi, menyampaikan pandangan ditengah pro kontra status Yantenglie. Dengan tegas meski pernah menjadi rival saat pilkada,mendorong bupati Katingan terus tetap bekerja seperti biasa menjalankan pemerintahan.

    “Berkaitan dengan kasus bupati, walaupun ditetapkan sebagai tersangka, yang bersangkutan kan tidak ditahan. Saya sebagai Ketua Komisi I meminta agar Yantenglie tetap menjalankan roda pemerintahan dan tetap bekerja seperti biasa sebagai seorang bupati,” ungkapnya.

    Kariyadi menilai bila bupati Katingan tidak bekerja maka akan menghambat roda pemerintahan sekarang.

    “Coba bayangkan kalau seandainya bupati tidak menjalankan tugas sebagai kepala daerah bagaimana nasib para guru honor yang baru-baru ini diangkat, siapa yang menandatangani SK Kepala dinas yang baru dilantik, melantik kepala desa terpilih bahkan banyak lagi urusan yang memerlukan keputusan bupati” terangnya.

    Dia menyebutkan masih banyak lagi masalah lain, tidak hanya sekadar menuntutnya mundur, Ahmad Yantenglie tetap bekerja seperti biasanya agar roda kepemerintahan tetap berjalan.

    Terkait proses hukum yang dihadapinya semuanya berjalan saja. “Masalah hukum kita percayakan saja dengan pihak kepolisian menangani, yang pasti sekarang tidak ditahan dan bisa bertugas, kalau bupati ditahan lain ceritanya,” kata Ketua Partai Demokrat Katingan ini, Senin (9/1) malam.

    Adapun DPRD dengan kewengannya, Karyadi menyatakan akan mengawalnya sebagai mana tugas dan fungsi dewan. “Masalah ini tetap dikawal, semua aspirasi tetap kita dengar demi daerah ini,” paparnya.

    Karyadi sendiri secara pribadi mengenal Bupati Katingan dan bukan orang baru bahkan sempat bersama-sama di DPRD sebelum terpilih menjadi bupati.

    “Kita prihatin. Kita juga menjaga nama baik dia dan keluarganya, sebagai manusia biasa kita tidak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan, maka dari itu mari kita bisa menahan diri dan berfikir bijak serta percayakan saja bahwa permasalahan ini akan secepatnya diselesaikan oleh pihak yang terkait,” tandasnya.(kwt/beritasampit.co.id)