Mantap, Cukup 10 Menit KK Beres

    KASONGAN – Salah satu Indikator pelayanan yang terbaik adalah pelayanan cepat, murah dan mudah diakses, itulah salah satu inovasi pelayan yang dilakukan Dinas kependudukan Dan pencatatan Sipil Kabupaten  Katingan, dibawah kepemimpinan Bambang Herianto, S. IP. Sebagai Kepala Dinas merubah total manajemen pelayanan dari tanggal 3 Januari 2017 yang lalu.

    “Pelayanan Sekarang kita coba rubah dengan menggunakan sistem seperti di Bank,  masyarakat diberi no antri  lalu di panggil biar teratur ditambah semua proses dilakukan berhadapan biar masyarakat langsung melihat prosesnya” ungkap Bambang, jum’at (13/01/2017).

    Bukan hanya proses pelayanan yang berubah namun kecepatan pengurusan dokomen kependudukan luar biasa cepat. “Kita sudah liat proses pembuatan KK, Akta Kelahiran maupun dokomen Kependudukan lainya, kalo semua berkas sudah lengkap 10-20 Menit sudah selesai bisa dibawa pulang” tambahnya.

    Namun kendala dalam penerapan pelayanan terjadi dimasyarakat ungkap Bambang “Masyarakat Kita masih banyak yang belum paham tentang birokrasi,  bukan kita mempersulit, misalnya mereka ingin buat foto copy Akte kelahiran syaratnya memerlukan surat Akte Pernikahan ini yang tidak jarang tidak dilengkapi terpaksa kita suruh untuk melengkapi” ujarnya.

    Bambang juga manambahkan, dalam upaya pelayan prima pihaknya telah menyediakan tempat foto copy didalam Disdukcapil dan menghimbau kepada masyarakat untuk mengurus berkas tidak melalui calo.

    “Hal ini kita lakukan untuk mempermudah masyarakat dan bila ada keluhan mengenai pelayan maupun pungutan (Pungli) silahkan laporkan ke saya, pasti saya tindak keras, hal ini semata-mata kita berikan gratis kepada masyarakat karena itu hak mereka,” tegasnya. (kwt/beritasampit.co.id).

    (Visited 1 times, 1 visits today)