Industri Hilir Perlu Segera Dibangun

    PALANGKA RAYA-Anggota Fraksi PDI Perjuangan dari partai PKPI DPRD Kalteng, Ergan Tunjung mendukung kebijakan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran terkait keinginan untuk mendokrak pendapatan asli daerah dari sektor perkebunan, pertambangan dan kehutanan.

    “Kita mendukung rencana gubernur untuk mengoptimalkan pendapat asli daerah (PAD) dari tiga sektor tersebut. Namun yabg lebih potensial yaitu indistri hilirnya karena memang sektor tersebut saat ini yang lebih potensial. Tapi kita harapkan tetap sesuai ketentuan hukum dan aturan yang berlaku,”ucapnya, Selasa (17/1)

    Dirinya sepakat saja kalau gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran nantinya mengeluarkan kebijakan agar seluruh perusahaan tambang, pengusaha perkebunan kelapa sawit dan perkayuan yang memiliki kontribusi besar bagi daerah ini dapat membangun industri hilir selain kewajiban perusahaan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial.

    “Solusi yang tepat untuk mendongkrak PAD dalam waktu dekat adalah mewajibkan PBS untuk membangun industri hilir di Kalteng. Sebab bahan baku sangat berlimpah baik itu sawit, kayu dan tambang,”ujarnya

    Dengan dibangunnya industri hilir di Kalteng, lanjutnya maka akan menciptakan jenis usaha baru dengan produk-produk olahan, sekaligus peluang penyerapan tenaga kerja selain PAD juga akan meningkat signifikan.

    “Diwilayah lain, dari sawit itu dapat diolah berbagai macam bahan makan, minyak kue dan lainya. Kita juga memiliki banyak tambang untuk listrik dan kayu untuk berbagai kerajinan. Kalau ada industrinya di wilayah ini, maka saya yakin Kalteng akan semakin cepat maju dan berkembang,”ungkapnya.

    (nata/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)