Laporan Ke Pemerintah Selalu Baik..CU EPI Segera Diaudit

    PALANGKA RAYA-Pengelolaan keuangan nasabah yang carut marut di Credit Union (CU) di Kabupaten Kotawaringn Timur telah membuat lembaga tersebut hilang kepercayaan masyarakat.

    Banyak pihak tidak menyangka bila dalam CU Eka Pambelum Itah bermasalah, sebab laporan yang sampaikan ke pemerintah selalu tidak ada masalah dan baik.

    Dinas koperasi tidak bisa masuk pada permasalahan Credit Union Eka Pambelum Itah (CU EPI) hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah Hengki A. Mangkin ketika di konfirmasi Berita Sampit hari ini (16/1/2017).

    “Permasalahan CU EPI sudah masuk informasinya ke Dinas Koperasi, dalam perkembangannya permasalahan CU EPI diinformaikan bahwa akan diaudit oleh Pusat Koperasi Kredit BKCU Kalimantan di Pontianak” demikian disampaikan Hengki A Mangkin.

    Ketika ditanyakan bagaimana fungsi dan peran Pemerintah terhadap perkembangan sebuah koperasi, Hengki menjelaskan bahwa secara kelembagaan dinas tidak berhak melakukan campur tangan lebih dalam, jika ada penyimpangan penindakan tidak dilakukan oleh dinasnya.

    Selain itu terkait CU EPI kepala Dinas Koperasi dan UKM menyampaikan bahwa selama ini laporan yang masuk ke dinas selalu baik, namun demikian pihaknya tidak menutup informasi yang berkembang di masyarakat, termasuk yang terjadi di Sampit.

    Sebelumnya diketahui bahwa CU EPI dipertanyakan aktivitasnya saat ini oleh nasabah dan anggotanya. Persoalannya hingga saat ini Koperasi Kredit atau biasa disebut Credit Union Eka Pambelum Itah sudah tidak beroperasi sebagaimana biasanya lagi. (rr/beritasampit.co.id)