Basarang Sebagai Kecamatan Percontohan Antisipasi Karhutla

    KUALA KAPUAS– Kapolres Kapuas, Polda Kalteng AKBP Jukiman Situmorang, S.IK., M.Hum didampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Kapuas Ny. Silvyna Sirait beserta rombongan melaksanakan kegiatan Safari Minggu ke Pura Balai Banjar Kertawana jalan Trans Kalimantan Km. 9 Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalteng. Minggu (05/2).

    Dalam kegiatan tersebut Kapolres Kapuas memberikan sambutan dan imbauan kamtibmas terkait dengan aktifitas warga yang membuka lahan dengan cara dibakar pada saat musim kemarau.

    “Kami berharap nantinya Kecamatan Basarang ini akan dijadikan proyek percontohan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan tahun 2017 dengan merubah kebiasaan masyarakat dalam membuka lahan yang awalnya dengan cara membakar menjadi masyarakat yang membuka lahan tanpa membakar dengan membangun pola gotong royong,” ucap AKBP Jukiman Situmorang.

    Kapolres Kapuas juga mengimbau kepada Kapolsek Basarang AKP Darwin S.E., M.M. untuk berkoordinasi dengan para Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh adat , tokoh agama dan Danramil Basarang agar mendata masyarakat yang akan membuka lahan sehingga akan tergambar rencana pembukaan lahan oleh masyarakat pada tahun 2017 ini ucap beliau lebih lanjut.

    Mempertegas imbauannya, Kapolres Kapuas menyerahkan maklumat Kapolda Kalteng tentang larangan membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar kepada tokoh agama (pemangku ) Desa Basarang Jaya Kecamatan Basarang dengan harapan masyarakat di Kecamatan Basarang mengetahui ancaman tindak pidana apabila tetap membukan lahan dengan cara dibakar. (hd)