BMKG : Februari 2017, Pangkalan Bun Diprediksi Hujan, Penerbangan Tetap Berjalan

    PANGKALAN BUN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pangkalan Bun, memprediksi wilayah setempat pada bulan februari 2017 akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

    Rangga Setya Pratama, forecaster (prakirawan) mengungkapkan dari statistik wilayah Pangkalan Bun cendrunganya musim penghujan, dan di prediksi juga Bulan februari masuk dalam puncak hujan.

    “Kalau  untuk cuacanya sendiri kecendrungan pagi berawan, siang menjelang sore hujan. Cuman ada kalanya malam atau dini hari dan pagi hari hujan, ini pengaruh energi panas yang lambat, energi mataharinya lama tersimpan di udara, sehingga awannya baru jenuh pada malam hari. Tapi secara umum cuaca pagi berawan, siang menjelang sore hujan,” ungkap Rangga, senin (6/2/2017).

    “Cuaca hujan cukup berpengaruh terhadap penerbangan terutama pada jarak pandang mendatar sehingga koordinasi kita dengan tower lebih tinggi. Namun tetap keputusan akhir ada pada pilot sendiri, mau take off atau delay,” tambahnya.

    Namun sampai saat ini, intensitas hujan tidak berpengaruh signifikan terhadap jadwal penerbangan. Hanya menyebabkan delay tapi tidak sampai menyebabkan pembatalan keberangkatan.

    Sementara untuk suhu masih dikisaran 24-33° c, suhu maksimum terjadi siang menjelang sore hingga sekitar pukul 14:00 sampai 15:00  wib, sedangkan suhu minimum terjadi sekitar jam 4:00 hingga 5:00 wib subuh. Untuk gelombang rata-rata 1 -1,5 meter. (dwh/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)