TAHU, Peluang Usaha Yang Menjanjikan, Anda Berminat!!

    PANGKALAN BUN – Ditengah berbagai macam persaingan bisnis,  industri pembuatan Tahu menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi tahu merupakan salah satu bahan pangan berbahan dasar kedelai dan sumber protein nabati bagi manusia.

    Tahu dapat dijadikan berbagai macam olahan sesuai sesuai dengan kebutuhan dan selera. Ada tahu goreng, kroket tahu, tahu bacem, krupuk tahu dan lainnya. Selain mudah didapat dan harga yang cukup terjangkau, tahu ternyata sangat populer dan diminati oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ini.

    Wainem, warga Desa Kumpai Batu Atas yang merupakan salah satu pelangggan setia  tahu mengatakan, lebih memilih tahu ketimbang bahan pangan lainya. “karena tahu empuk, enggak keras, mudah dimakan, kalau buat orang tua saya ya enak,” katanya.

    Hal inilah yang menjadi alasan, mengapa peluang berbisnis Tahu yang dulunya berasal dari negara Cina ini masih cukup menjanjikan. Waktu boleh saja berganti tapi minat masyarakat akan olahan yang dipercaya mengurangi resiko penyakit kanker tetap tinggi dan tak pernah berubah.

    Menurut Irfan Shodik, salah seorang pengusaha tahu di Kota Pangkalan Bun yang berlokasi di Desa Kumpai Batu mengatakan peluang usaha ini masih menjanjikan, karena tahu makanan merakyat dan setiap hari dikonsumsi masyarakat.

    Setiap bulannya, produsen tahu ini menghabiskan tahu sekitar 2.000 kilo gram kedelai dengan omzet yang di dapat Rp. 30 sampai 35 juta, dan profit minimal Rp. 5 juta.

    Seperti halnya usaha-usaha lain, bisnis Tahu juga memiliki kendala dan resiko, seperti harga bahan baku kedelei yang mahal dan berfluktuatif. Namun Pria yang telah menekuni bisnis lebih dari 5 tahun ini tetap bertanah dan optimis bisnis tahunya akan terus berkembang maju.

    ”setiap usaha punya resiko yang penting dibutuhkan ketekunan dan tetap menjaga kualitas agar Konsumen tidak lari,” pungkas Shodik.

    Bagaimana, menjanjikan bukan? Mungkin Anda bisa mencoba membuka usaha pembuatan tahu ini dengan terlebih dahulu melihat peluang usaha di daerah anda, belajar cara pembuatan tahu dari beberapa pengusaha yang berpengalaman dan jangan lupa pertimbangkan analisis bisnis ya. (dwh/beritasampit.co.id)

     

    (Visited 10 times, 1 visits today)