TP PKK Pulpis Akan Lakukan Pembinaan Program Tanam Cabe Nasional

    PULANG PISAU – Rabu (8/2/17) kembali di Desa Kanamit Jaya dilakukan pembinaan dan juga pematangan pembagian tugas dan tanggung jawab dalam mensukseskan program tanam cabe nasional oleh lintas sektor seperti TP PKK Kabupaten, kecamatan, desa, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, dan BPTP.

    Seperti disampaikan sebelumnya, Pulang Pisau menjadi salah satu dari 3 kabupaten/kota yang dipilih menjadi pioner awal untuk program tanam cabe nasional selain Kapuas dan Palangka Raya.

    Semua pihak yang terlibat dalam program ini menyampaikan komitmennya masing- masing untuk mensukseskan program ini dengan melaksanakan tanggung jawab masing masing seperti bagian pembinaan, penyediaan bibit dan lainnya.

    Kabid Hortikuktura Dinas Pertanian Pulang Pisau Sudarman menyampaikan perubahan paradigma diperlukan dalam menanam lahan, tidak selalu padi menjadi hal yang paling penting dan mengabaikan tanaman hortikuktura lainnya seperti cabe, sayur-sayuran, jagung, dan lainnya.

    Kepala BPTP Kalteng, Dr.FF. Munier menyampaikan kontinuitas pembibitan cabe harus selalu dilakukan sehingga kedepannya akan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa dan  mampu meningkatkan penghasilan masyarakat. “Diharapkan lebih jauh mampu mensuplai untuk kebutuhan provinsi dan nasional,” ucap Munier.

    Ketua TP PKK Kabupaten Pulang Pisau, Hj.Nunu Andriani Edy Pratowo, menyampaikan selain persiapan untuk program tanam cabe nasional, desa kanamit jaya juga berbenah untuk lomba HATINYA PKK tingkat Provinsi.

    Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh beliau atas partisipasi lintas sektoral untuk menyukseskan program tanam cabe ini dan persiapan HATINYA PKK. Pokja pokja PKK akan memainkan perannya masing masing dalam kontribusi untuk mensukseskan program tanam cabe dan menjadikan desa Kanamit Jaya juara provinsi dan nasional HATINYA PKK nantinya.

    “Saya menghimbau kepada warga masyarakat untuk menanam tanaman hortikultura di pekarangan, halaman dan polybag di rumah sehingga membuat lingkungan asri, teratur, indah, nyaman dan juga bisa memberikan hasil tanaman untuk kebutuhan rumah tangga secara khusus,”tutup Nunu. (pra/beritasampit.co.id)