Endang Susilawati, Sosok Inspiratif Bagi Kaum Perempuan..Yuk Simak Lanjutan Ceritanya (Bagian II)

    BEBERAPA waktu yang lalu kita telah membahas sedikit tentang sosok Endang Susilawati istri Bupati Katingan Ahmad Yantenglie ditengah kesibukannya menjadi sosok Figur Publik ternyata banyak cerita yang menarik untuk menajadi bahan refrensi menyapai kesuksesaan.

    Salah satunya ternyata Endang Susilawati merupakan sosok Enterperneurship (Wirausaha) yang Mandiri dan begitu peduli pada kaum perempuan banyak lini usaha yang mulai dari dikerjakanya.

    “Saya senang berkebun (sawit) dan kebun saya terpisah dengan suami saya (Ahmad Yantenglie) baik dari segi manajemen maupun administrasinya pun  saya yang mengatur sendiri untuk melihat hasilnya selama 5 tahun kedepan”tuturnya

    Tidak ingin menyiayiakan potensi alam yang dimiliki Kabupaten Katingan Ny. Endang Susilawati seperti memberikan isyarat kepada masyarakat Katingan untuk memanfaatkan lahan untuk berkebun salah satunya mengisi tanah yang dirinya miliki di kelurahan Pendahara dengan menamam buah-buahan.

    “Saya sekarang sedang gencar-gencarnya menanam buah-buahan seperti Mangga, Nangka, Cempedak, Rambutan dan Kelapa harapanya sepuluh tahun kedepan akan menghasilakan pundi-pundi penghasilan dengan sendirinya”

    Didikan yang keras dalam keluarga itulah yang membuat Endang Susilawati mempunyai sifat mandiri sehingga dirinya melakukan hal yang sama dengan kebanyakan laki-laki didunia usaha selain berkebun Ny.  Endang juga mempunyai puluhan kolam ikan yang cukup banyak.

    “Saya orangnya enggak bisa menyiayiakan waktu jadi ada-ada aja kerjaan yang saya lakukan salah satunya dengan mengurus 30 kramba ikan yang miliki sendiri dengan pemberdayaan kaum perempuan”

    Bahkan sekarang usaha yang mulai fikus dilakukan adalah membuka jahitan Pakaian yang ternya merupakan keinginan lama untuk membuka usaha tersebut. 

    “Saya udah lama pengen buka Usaha Jahitan pakaian dan alhamdullah baru tahun ini mulai beroperasi dirumah, desain ciri khas Katingan menjadi andalan seperti rotan, durian dan yang paling baru motif bunga muhur dan burung tingang  untuk anak-anak dengan menggunakan para pekerjanya adalah ibu-ibu semoga dapat membantu perekonomian mereka”katanya.

    Bukan hanya usaha saja yang dilakukan Ny. endang Sosilawati beliau bercerita dengan pakaian yang kita buat berdasarkan khas daerah kita merupakan upaya pelestarian Budaya. 

    “Kita mau melestarikan Budaya kita melalui baju-baju yang kita desain menunjukan identitas diri kita”tambahnya.

    Ny.  Endang Susilawati ditengah kesibukanya sebagai istri, ibu dan Pejabat Negara mampu melakukan menajemen waktu yang luar biasa dan dalam kesempatan ini dirinya bahkan sempat memberikan tips mulai usaha. 

    “Ketika ingin memulai usaha jauhkan niat Ambisi dan tetaplah Konsisten, karna kelemelahkan kita twrkadang ambisi (Hayalan tinggi)  melupakan apa yang kita kerjakan hal itu perlu konsisten akan niat berusaha”papar Wakil Ketua DPRD Katingan ini.

    Selanjutnya tulisan terakhir akan membahas Kenapa alasan Endang Susilawati memilih Ahmad Yantenglie dan suka duka Endang Susilawati menjadi Istri Bupati, Wakil Rakyat dan seorang Ibu Sebagai kodratnya perempuan. Pengen tahu nantikan tulisan selanjutnya.  

    Bersambung… 

    (kwt/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)