Ikan Jelawat Terus Dibudidayakan

    SAMPIT – Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki program unggulan budidaya dan Sentral Prikanan pada tahun 2017. Nampaknya dinas ini serius mengembangkan ikan Jelawat yang merupakan Ikon Kota Sampit ini.

    Dalam hal ini Dinas Perikanan Kabupaten Kotawaringin Timur merasa tertantang terkait budidaya Jelawat yang berada di Desa Camba, Kecamatan Kota Besi, Kotim.

    “Disini kami tertantang untuk budidaya Ikan Jelawat karena itu merupakan Ikon Kota Sampit. Namun kami akan berusaha keras agar budidayanya dapat berjalan dengan baik,” kata Ir Jakatan Kepala Dinas Perikanan, melalui Fahrul Jainal Ilmi ,S.Pi Kepala Seksi (Kasi) Potensi dan Pengelolaan Perikanan.

    Ia juga menambahkan selain budidaya Jelawat, pihaknya juga ingin sektor Perikanan ini menjadi industri dan wisata unggulan Kotim. “Kami juga ingin Kotim sebagai pemasok ikan untuk wilayah lainnya,” ungkapnya.

    Namun untuk mewujudkan keinginan tersebut, saat ini pihaknya masih terkendala dengan kondisi air dan cuaca yang berubah-ubah. 

    “Kalau limbah sawit masuk sungai, perkembangan ikan akan terganggu, di tambah lagi cuaca tak menentu. Ini yang sangat menggangu budidaya ikan Jelawat,” terangnya. 

    (bnr/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)