Desa Percontohan Sentral Perikanan Sudah Ada di Kotim

    SAMPIT – Dinas Perikanan Kabupaten Kotawarungin Timur (Kotim) terus berupaya melakukan pembinaan pengembangan terhadap petani ikan. Tujuannya agar nantinya dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya.

    Salah satunya adalah di Desa Sei Ijum, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, yang sudah menjadi sentral perikanan untuk menjadi percontohan.

    “Sungai Ijum untuk semestara telah kami jadikan sebagai percontohan central perikanan, karena lokasi disana sangat cocok dan masyarakatnya memang peternak ikan,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kotim Ir. Jakatan melalui Fahrul Jainal Ilmi, S.Pi Kepala Seksi (Kasi) Potensi dan Pengelolaan Perikanan.

    Ia juga menambahkan bahwa sekarang peternak ikan disana sudah mandiri dan tidak lagi kami bimbing, bahkan ada sebagian yang sudah bisa membuat pakan ikan sendiri.

    “Disana sudah mandiri dan ada juga kelompok yang bisa membuat pakan ikan sendiri, kendalnya bahan pakan untuk membuatnya terbatas,” terangnya. Sementara itu, target Produksi Dinas Perikanan Kabupaten Kotim pada Tahun 2017 ini cukup besar.

    “Target kami pada tahun ini sekitar 5,89 Ton, karena setiap tahun target produksi terus bertambah,” katanya. Meski berat dan Dinas Perikanan akan terus berupaya untuk bisa mencapai terget tersebut.

    “Kami hanya pernah mencapai target produksi tersebut pada tahun 2013, dimana kami menaregetan 4,431 Ton dan alhamduliah dapat kami lewati dengan 4,478 Ton. Untuk ditahun ini akan kami ulang pencapaian tersebut,”ungkapnya.
    (bnr/beritasampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)