1.139 Usulan Masyarakat dari Kecamatan MalikuDidominasi Pada Bidang Infrastruktur dan Ekonomi

    PULANG PISAU – Sebanyak 1.139 usulan yang tercatat dari kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Maliku, Selasa (21/2/17). Hal itu, disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pulang Pisau (Pulpis), Ir Juman.

    Ribuan lebih usulan masyarakat Kecamatan Maliku tersebut, terdiri dari 770 usulan prioritas usulan pertama, 369 usulan prioritas kedua. “Total usulan 1.139 itu, terdiri dari dua usulan priorita yang masing-masing 770 untuk usulan pertama dan 369 usulan yang kedua,” kata Juman, kepada awak Media.

    Ia menyampaikan, usulan yang berjumlah 1.139 tersebut didominasi pada sektor atau bidang pembangunan infrastruktur dan ekonomi. “Ada bidang yang paling banyak dalam usulan itu, yakni bidang infrastruktur dan ekonomi,” ungkap Juman.

    Ia menuturkan, dari kesemua usulan yang disampaikan pada kegiatan musrenbang terebut, masyarakat setempat mengharapkan adanya penyelesaian pembangunan jalan yang sudah ada. Kemudian, kata dia, pada sektor pendidikan dan kesehatan pun tidak kalah penting.

    “Selain jalan-jalan diminta peningkatan, masyarakat pun mengharapkan perbaikan dan peningkatan pada sektor pendidikan dan kesehatan,” terangnya.

    Sementara itu, Bupati Pulpis H Edy Pratowo Ssos MM, mengingatkan kepada SKPD dalam menyusun atau membuat rancangan rencana kerja (Renja) harus mengacu pada hasil musrenbang. Dimana kata dia, hasil musrenbang merupakan usulan masyarakat mulai dari tingkat yang paling bawah.

    “Keselarasan perencanaan mulai tingkat  desa, kecamatan dan kabupaten penting dilakukan mengingat perencanaan daerah memiliki keterkaitan mulai tingkat bawah sampai yang tertinggi. Sebelum nantinya akan menjadi dokumen operasional perangkat daerah di Kabupaten Pulpis,” pungkas Edy Pratowo. (pra/beritasampit.co.id)

    (Visited 1 times, 1 visits today)