Kapolres Temui DAD Katingan Bahas Masalah Pernikahan Gaib.. Apa Hasilnya? 

    KASONGAN-Pernikahan gaib titisan anak dari NYI RORO KIDUL Yaitu Sri Baruno Parameswar dengan Panglima Burung yang menghebohkan Masyarakat Katingan langsung mendapat respon cepat oleh jajaran Polres Katingan dengan langsung melakukan Koordinasi dengan semua pihak salah satunya Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Katingan.

    Menurut Edi Rahmat Sosiawan salah satu pengurus DAD Kabupaten Katingan dalam pertemuan tersebut pihaknya membahas sedikit masalah perkembangan situasi dan kondisi keamanan di Katingan.

    “Meminta DAD dapat menghimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga kondusifitas tidak membuat hal-hal yang dapat merugikan kita semua sesuai dengan semboyan Penyang Hinje Simpei” ungkap Edi Rahmat Sosiawan. 

    Edi Rahmat Sosiawan yang juga sebagai Direktur PDAM Katingan menambahkan dalam pertemuan tersebut pihaknya juga dimemintai pandangan terhadap beredarnya undangan Pernikahan Ghaib.

    “Memang secara adat yg mengatur masalah perkawinan tidak ada mengatur masalah yang seperti itu, tapi kalau di kalangan penganut kepercayaan ada hal seperti itu mungkin saja berarti berupa ritual, DAD tidak dalam posisi membolehkan atau melarang, namun ada yang agak mengganjal sampai mengundang RI 1 dan pejabat lainnya” Ucap Edi Rahmat Sosiawan. 

    Sekedar Informasi beberapa personil pengurus DAD  salah satunya ketua majelis agama hindu kaharingan kabupaten Katingan  sedang mencari info ke damang Kecamatan Katingan Tengah guna mendengar secara langsung kejadian tersebut. 

    (Kwt/beritasampit.co.id)