MANTAP.. Pusat Kucurkan Dana Rp 12 Milliar Untuk Pembangunan Embung Danau Gatal

    PANGKALAN BUN – Mantap Pemerintah Pusat telah mengucurkan dana Rp 12 Milliar,untuk pembangunan Embung Danau Gatak di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kobar.

    Erdy Setiawan Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PU Kobar, mengatakan
    Pembangunan embung itu dibangun untuk menyediakan air baku bagi industri khusus, dan kebutuhan air bersih di beberapa kecamatan sekitar, seperti Kecamatan Arut Selatan, Kumai dan Kotawaringin Lama.Termasuk untuk membantu datangnya musim kemarau.

    “Dengan adanya bantuan dari Pusat,berarti nanti Kabupaten Kobar memiliki sumber air baku,karena ketersediaan air baku sangat penting”,ujar Erdy saat dikonfirmasi beritasampit.co.id Rabu (22/2).

    Dijelaskan Erdy,dalam sistem penyediaan air bersih, dengan syarat pembangunan sumberair bakunya harus clean and clear,karena sumber air merupakan salah satu komponen yang mutlak dipenuhi.

    “Kami sebelumnya telah survey kebeberapa lokasi di Kabupaten Kobar, akhirnya yang terpilih Danau Gatal di Kecamatan Kolam yang mampu menampung air hingga 97 juta m3. Dan nanti di Kecamatan Pangkalan Banteng juga akan dibangun embung, tapi pembangunannya tidak seperti dekat Danau Gatal”,beber Erdy Setiawan.

    (man/berita sampit.co.id)

    (Visited 3 times, 1 visits today)