Luar Biasa… Warga Telok Bergotong Royong Siapkan Pernikahan Panglima Burung

    ​KASONGAN – Warga Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah, tampak antusias bergotong royong untuk mempersiapkan pernikahan gaib Panglima Burung dengan keturunan Nyi Roro Kidul, yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2017 mendatang.

    Menurut staf mantir Desa Telok, Ilasman M B, mengatakan, pihaknya bersama warga setempat melakukan gotong royong ini dalam rangka mempersiapkan pernikahan gaib Panglima Burung. 

    “Hari ini kita mulai full kegiatan dari pembersihan lingkungan, mencari sayur-sayuran, dan bahan pokok lainya,” ungkap Ilasman, Kamis (23/2).

    Sementara, wakil bupati Katingan Sakariyas, yang menyempatkan hadir dikegiatan gotong royong itu, mengatakan agar kepala desa dan warga setempat untuk tetap bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama ritual tersebut berlangsung.

    “Karena nanti, kemungkinan akan banyak orang yang ingin menyaksikan ritual tersebut itu, baik warga lokal maupun luar daerah Katingan. Jadi kita harus bersama-sama menjaga kamtibmas” pesan Sakariyas, saat istirahat gotong royong tersebut, Kamis (23/2). 

    Tampak dalam pantauan BS, Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Katingan tersebut, terlihat melakukan perbincangan kecil kepada masyarakat sekitar mengenai pernikahan gaib itu.

    “Saya tidak terlalu tau juga ceritanya pak,” ucap salah satu warga saat dibincangi Wabup Katingan itu.

    Dikesempatan itu juga, Sakariyas hendak bertemu dengan Damang Adat Kecamatan Katingan Tengah. Namun tidak bisa, dikarenakan Damang tersebut sedang berada di desa Tumbang Manggo mengikuti upacara ritual persiapan pernikahan gaib. 

    Sebelumnya, sekitar pukul 08.00 WIB, Wabup Katingan itu terlebih dulu ke SMP 1 Dahian Tungggal, Kecamatan Pulau Malan untuk memberikan pencerahan masalah narkoba. (Kwt/Beritasampit.co.id)