Tingkatkan Jalan dan Jembatan disetiap Desa

    PULANG PISAU – Di tahun 2017 ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pulang Pisau akan lebih memprogramkan pembangunan peningkatan infrastruktur. Hal itu, disampaikan Kepala Bidang Marga, Hargatin.

    Ia mengatakan, pembangunan peningkatan infrastruktur tersebut diantaranya, adalah peningkatan jalan dan jembatan. “Jalan yang ditingkatkan ini terutama jalan-jalan kabupaten dan jalan pedesaan,” kata Hargatin, kamis (23/2/17)

    Selain itu,  yang menjadi prioritas adalah pembangunan dan peningkatan jembatan di wilayah pedesaan. “Pembangunan jembatan di desa ini juga merupakan usulan yang disampaikan masyarakat melalui kegiatan musrenbang, begitu pun dengan peningkatan jalan desa,” ungkapnya.

    Pembangunan jalan ini, kata dia, misalkan dengan membangun jalan cor beton atau melanjutkan jalan-jalan yang sudah ditingkatkan menjadi cor beton untuk lebih kuat dan tahan lama lagi. “Banyak jalan-jalan yang akan dibangun secara cor beton, terutama untuk jalan lingkungan yang ada di desa,” terang Hargatin.

    Misalkan tambah dia, pihaknya sudah merencanakan akan membangun jalan cor beton, seperti di Jalan Melati Desa Tahai Jaya, Jalan Citarum Desa Tahai Baru. “Atau melanjutkan jalan cor beton di Jalan Tambun Bungai di Desa Maliku Baru. Yang saya sebutkan itu hanya sebagiannya saja, masih banyak jalan-jalan lainnya,” sebutnya.

    Sedangkan untuk jembatan kata dia, pihaknya akan melakukan rehab terhadap jembatan yang ada di Desa Gandang A, Kecamatan Maliku. Jembatan tersebut, sudah waktunya untuk dilakukan rehab agar masyarakat yang melintas lebih aman dan nyaman. “Kita pun akan membangun box culvert di Desa Tahai Baru RT 06 dan RT 10,” ucap Hargatin.

    Sementara itu, untukpeningkatan jalan kabupaten yang dinilai sangat perlu, seperti di ruas jalan Sidodadi – Garantung. “Kalau untuk jalan Wonoagung – Purwodadi, itu akan kita lakukan peningkatan. Intinya kita berharap pembangunan infrastruktur jalan dan akses jembatan bisa memperlancar aktivitas masyarakat dan tentunya meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan,” pungkasnya.(pra/beritasampit.co.id)