HEBAT…Desa Mambulau Gelar Pemilihan RT Serentak

    KUALA KAPUAS – Berbagai cara dilakukan agar masyarakat paham berdemokrasi. Salah satunya pemilihan RT serentak di Desa Mambulau, Kapuas Seberang. Pemilihan yang dilaksanakan pada Sabtu (25/2/2017) digelar diseluruh RT diwilayah itu adalah kegiatan pertama kalinya di Kabupaten Kapuas.

    Para pemilih merupakan warga yang berumur 17 tahun yang sudah memikiki hak suara. Antusias masyarakat setempat juga sangat tinggi yakni hampir 99 persen menggunakan hak suaranya.

    “Tujuan panitia penyelenggara adalah tidak lain guna sebagai edukasi masyarakat, serta belajar untuk berdemokrasi, mengurangi tingkat golpot, bila mana dilakukan pemilihan apapun, seperti Pilpres, Pilgub, Pilbub, dan Pileg,”
    ungkap Alfian selaku panitia pelaksana.

    Ditempat yang sama Pj kades Akram S.Pi mengatakan pimilihan Ketua RT serentak tersebut guna memberikan pembelajaran bagi masyarakat untuk berdemokrasi.

    “Warga bebas dan terbuka mencalonkan diri sebagai ketua RT. Kami sebelumnya mengadakan pembukaan pendaftaran selama 3 hari. Persaratannya juga mudah. Calon RT mengesi fermulir, KTP dan pernyataan bersedia menjadi Ketua RT,” jelasnya.

    Sementara dari evaluasi pemelihan tetsebut, tergambar jumlah pimilih hampir 99% hadir memilih dan surat suara yg rusak atau keliru coblos 0,2%. Sehingga masyarakat setempat sudah mengetahui cara berdemokrasi. (alf/beritasampit.co id)