BPBD Kapuas Siapkan Program Cegah Karhutla

    KUALA KAPUAS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas menyiapkan beberapa program untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupateb Kapuas.

    Plt Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa program, seperti melakukkan sosialisasi dan latihan pemadaman kebakaran di 4 Kecamatan.

    Kemudian, lanjut Sinaga, pihaknya juga melakukan penambahan sumur bor sebanyak 5 unit, dan penyediaan logistik untuk korban bencana, menginventarisasi kesiapan sarana prasarana penanggulangan karhutla, serta peningkatan kepampuan dan kekuatan personil.

    “Nanti kami juga melakukkan koordinasi dengan BPBD Provinsi maupun BNPB Pusat ketika dalam keadaan darurat pasca bencana,” ucap Sinaga, (27/2).

    Untuk dana program antisipasi karhutla tersebut, tambah dia, diambil dari APBD sebesar Rp360 juta.

    “Walau terbilang minim, akan tetapi sebagaimana pengalaman yang dulu-dulu saat dalam kondisi darurat, BPBD akan segera sampaikan kepada Bupati, dan kemudian akan ditambahkan dengan dana tidak terduga,” ungkapnya.

    Dia menambahkan, pihaknya sudah membentuk posko-posko antisipasi karhutla ditingkat kabupaten, dan juga ditingkat kecamatan.

    “Sehingga beberapa program sudah dapat terlaksana sampai saat ini, yaitu program sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan di daerah-daerah yang rawan terjadi kebakaran, serta program penyediaan logistik kepada korban bencana,” pungkasnya. (hd/beritasampit.co.id)