Perkuat Peran Perempuan Muda, Kohati HMI Cabang Palangka Raya Gelar Dialog Publik 

    PALANGKA RAYA – Untuk memperkuat peran kaum perempuan muda di kota Palangka Raya Kohati HMI Cabang Palangka Raya menggelar Dialog Publik usai kegiatan pelantikan, Sabtu (4/3/2017).

    Dialog publik temu mahasiswi se Kota Palangka Raya mengangkat tema “Penguatan Peran Merempuan Muda Menuju Indonesia Berkemajuan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kalimantan Tengah, dihadiri 100 peserta yang didominasi mahasiswi yang ada di kota Palangka Raya.

    Agus Suyanto, SP dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengadilan Penduduk Keluarga Berencana Provinai Kalteng, menyampaikan, perempuan dalam pembangunan dengan memperkuat pemberdayan perembuan melalui strategi pengarusutamaan gender yang bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan.

    Sementara AKBP Munarti pemateri dari Polda Kalteng menyampaikan materi tentang peran perempuan dalam mejaga ketertiban NKRI menuju Kalteng berkah. Menurutnya, kaum perempuan harus berpartisipasi dan ikut dalam menjaga ketahanan dan keamaan bangsa.

    Selain itu kaum perempuan muda sekarang agar tidak terlibat dalam gerakan yang bersifat provokasi, mampu menjadi pelopor, bersosialisasi dengan masyarakat serta ikut mendorong kabtimas di Bumi Tambun Bungai.

    Hal yang sama juga dikatakan Endang Moerniati, SH, MSc selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah. Endang menyampaikan materi tentang revolusi mental berbasis keluarga dalam membentuk sosok wanita muda yang berkarakter dan berdaya saing.

    “Kegiatan ini sangat bagus, tentu saja agar terbentuknya kaum muda perempuan yang berkarakter dan memiliki daya saing maka karakter mental harus dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Caranya adalah merubah mental negatif ke mental positif serta memperkuat nilai-nilai karakter olah pikir, olah hati, olah raga dan olah rasa atau karsa,” ungkapnya.

    Kemudian Nataliasi, SH Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan materi tentang membangun jiwa kepemimpinan untuk indonesia berkemajuan.

    Dalam kegiatan itu, Natalisasi mengatakan bahwa kiprah kaum perempuan dalam pembangunan nasional dan daerah sangat diperlukan, kaum perempuan harus mengambil peran strategis dalam proses pembangunan.

    “Maka dari itu kita harus apresiasi kepada Kohati, karena ini merupakan wadah perempuan HMI untuk berproses dan berkiprah, meningkatkat jiwa kepemimpinan kaum perempuan agar dapat memberikan kontribusi untuk bangsa,” jelasnya.

    Kegiatan ini sendiri diakhiri dengan poto bersama menyerukan salam genre untuk untuk generasi muda di Kota Palangka Raya. (dsz/beritasampit.co.id)