Tidak Terurus, Rumah Adat Barito Selatan Terbengkalai Bertahun-Tahun, Siapa Yang Bertanggung Jawab?

    PALANGKA RAYA-Selain tatanan kotanya yang rapi, kebersihannya yang terjaga ternyata ada satu destinasi wisata yang sangat tidak terawat di kota Palangkaraya. Di Jalan Tilung 16 Palangkaraya terdapat beberapa Rumah Adat dari beberapa daerah di kalimantan tengah. Diantaranya adalah, Rumah Adat dari Kotim, Barut, Kobar, Barsel dan lain lain. Namun alangkah mirisnya ketika meliat kondisi dari salah satu Rumah adat itu.

    “Sejak saya datang kesini 2 tahun yang lalu bangunan Adat itu sudah tak terurus ya seperti itu mas” ungkap Rakau, salah seorang pemelihara Rumah Adat Barito Utara yang letaknya berdampingan dengan Rumah adat tersebut. Ketika ditanya mengenai Rumah Adat dari kabupaten mana, “itu rumah adat dari Barsel kalau nggak salah mas” timpal Rakau kepada Beritasampit.co.id pada selasa 07/03/2017

    Sungguh sangat miris, jika dilihat bangunan yang berdiri dengan gagahnya itu merupakan bangunan antik yang di dirikan diatas tanah kurang lebih dua hektar. Alangkah sayangnya jika bangunan yang bisa dikatakan mahal itu tidak terusus. Nampak banyaknya sampah-sampah yang dibuang disekitar rumah tersebut oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Sepintas dilihat ketika malam hari bangunan itu lebih seperti bangunan angker, karna sangat gelap tanpa dialiri listrik sama sekali. “Disitu tidak ada listriknya mas, makanya kalau malam angker” kata Rakau menambahkan.

    Ini merupakan kritik bagi pemerintah, yang dianggap terlalu lamban dalam membenahi hal-hal semacam ini. Tidak adanya pihak yang memelihara adalah permasalahan utama yang harus segera di benahi. Supaya objek-objek wisata lainnya tidak sama nasibnya seperti ini.
    (Dvd)

    (Visited 1 times, 1 visits today)