Bencana Banjir Di Barito Utara Harus Menjadi Perhatian Bersama

    Oleh: Firman*)

    Banjir adalah bencana alam yang terjadi setiap tahunnya di kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah, ini disebabkan karena air sungai Barito meluap akibat hujan.

    Di kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara khususnya. saat musim penghujan air sungai Barito akan meluap dan membanjiri desa-desa yang berada di pinggiran sungai barito. Untuk tahun 2017 sekitar tiga hari sudah dari tanggal 5 Maret sampai tanggal 8 Maret Desa-desa di Kecamatan Lahei masih tergenang banjir yang kedalamannya 1 meter lebih, bahkan banjir juga meremdam 11 desa lainnya seperti Bengahon, Haragandang, Hurung Enep, Ipu, Juju Baru, Karendan, Muara Bakah, Muara Inu, Muara Pari, Mukut, dan desa Rahaden).

    Banjir tahunan di Barito Utara ini dikarenakan banyaknya pertambangan yang membabat hutan sehingga penyerapan air hujan berkurang.

    Peran dan perhatian khusus dari pemerintah kabupaten dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada sangat diperlukan, perlunya tindakan yang beraifat mencegah agar banjir tahunan ini tidak akan tarjadi lagi untuk tahun selanjutnya.

    Pemerintah Kabupaten selaku badan Eksekutif harus bersinergis dengan DPRD Kabupaten untuk bersama-sama mencari jalan keluar atau solusi terbaik untuk mencegah banjir tahunan di Barito Utara.

    Pemerintah, DPRD Kabupaten, Pihak Swasta, dan masyarakat harus bersinergis dalam menyikapi permasalahan ini.
    (dsz)

    *)Ketua Himpunan Mahasiswa (HIMA) Barito Utara Kota Palangka Raya

    (Visited 6 times, 1 visits today)