Bermitra dengan Perusahaan, Kelompok Tani Dayak Misik Bentuk Koperasi

    PALANGKA RAYA – Forum Koordinasi Kelompok Tani Dayak Misik Kalimantan Tengah (FKKTDM-KT) mengadakan rapat bersama perwakilan Kelompok Tani Dayak Misik dari masing-masing Desa dan Dinas Koperasi Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu 8 Maret 2017.

    Rapat bersama ini dilaksanakan di ruang pertemuan kediaman Ketua FKKTDM-KT Siun Jarias untuk membentuk/mendirikan Koperasi Kelompok Tani Dayak Misik Kalimantan Tengah.

    Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah ini menyampaikan perkembangan Kelompok Tani Dayak Misik saat ini berkembang sangat pesat, sudah tercatat dari 1.567 desa/kelurahan di Kalimantan Tengah 800 desa sudah terbentuk Poktan Dayak Misik, jadi sudah melampaui 50 persen dari total jumlah desa/kelurahan di Kalimantan Tengah.

    “Jadi ini adalah bentuk kesadaran masyarakat dayak yang nyata untuk keberlangsungan kehidupan anak dan cucu dalam mempertahankan hak,” katanya.

    Siun menambahkan sudah ada kelompok tani di beberapa desa yang siap menjalin kemitraan dengan pihak perusahaan salah satunya adalah desa Penda Durian Kabupaten Kotawaringin Timur, dan beberapa desa di kabupaten lain.

    Widodo perwakilan dari Dinas Koperasi Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan agar kelompok tani dayak misik di Kalimantan Tengah dapat bermitra dengan perusahaan, maka dari itu dinilai perlu untuk kelompok tani dayak misik membentuk koperasi untuk mempermudah proses kemitraan dengan perusahaan.

    (dsz/beritasampit.co.id)