Jhon Krislie : “Kades Harusnya Rekrut Ahli Keuangan Atasi Permasalah Laporan APBDes”

    SAMPIT – Setelah banyaknya desa di Kotawaringin Timur (Kotim) yang bermasalah dalam pelaporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

    Kali ini Ketua DPRD Kotim Jhon Krislie menyarankan kepada setiap desa supaya merekrut ahli keuangan untuk menuntaskan permasalahan dalam pelaporan APBDes.

    “Karena memang keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa. Saran saya harusnya kepala desa bisa merekrut ahli keuangan yang mengerti tentang administrasi keuanga agar mudah dalam pembuatan laporan APBDes,” ujar Jhon Rabu (8/3).

    Ahli keuangan tersebut tambah Jhon, direkrut oleh kepala desa dan digajih menggunakan dana desa. “Gak seberapalah menggajihnya paling cuma Rp 2 juta perbulan cukup. Sekarangkan dana desa lumayan besar,” ujar dia.

    Sebab tambah Jhon, mengenai keuangan ini tidak bisa sembarangan untuk harus jelas digunakan buat apa dana tersebut sesuai peraturan perundangan undangan.
    Dan kendala sekarang pelaporan APBDes masih banyak dibuat oleh perangkat desa dan kepala desanya sendiri.

    “Masih banyak laporannya masih dibuat oleh perangkat desanya bahkan kepala desanya sendiri itukan menyalahi aturan. Seharusnya Kades tidak bolehlah pegang uang, kades itu tugasnya hanya pengambil kebijakan,” tegasnya Jhon. (fzl/beritasampit.co.id)